15 Tips yang Bisa Kamu Coba untuk Mengadakan Pesta Pernikahan dengan Biaya Minim

Menikah adalah peristiwa yang hanya ingin kamu alami sekali seumur hidup. Banyak pasangan yang menunda pernikahan mereka dengan alasan biaya, padahal pernikahan bisa kamu lakukan dengan biaya minim. Apa saja? Yuk simak tips-tips melakukan pesta pernikahan dengan biaya minim di bawah ini.

1. Tekankan pada Diri Kamu dan Pasangan jika Pesta Pernikahan Bukan Merupakan Hal Utama

Kesakralan pernikahan via huffingtonpost.com

Kamu dan pasanganmu memutuskan untuk menikah tapi tidak memiliki banyak biaya untuk melangsungkan pesta pernikahan mewah? Hal pertama yang harus kamu tekankan adalah lebih pentingnya kesakralan pernikahan daripada pesta pernikahan yang berlebihan. Penekanan ini penting untuk karena dalam prosesnya sering kali kamu tergoda dengan pesta pernikahan mewah. Jangan sampai kalian meminjam uang dan berutang hanya karena pesta sehari. Hal yang paling penting adalah bagaimana kalian menjalankan hari setelah pernikahan.

2. Mengadakan Pesta di Rumah

Melakukan pesta di rumah via heraldnet.com

Berat untuk sewa gedung? Tidak ada salahnya kamu melaksanakan pesta pernikahan di rumahmu sendiri. Jika pesta pernikahanmu berlangsung di siang hari, sewalah tenda sederhana dan desain kursi pernikahan sesuai keinginanmu. Kamu juga bisa menghemat dana karena tidak memerlukan banyak pencahayaan alias lampu. Namun, jika pernikahanmu berlangsung malam hari, kamu juga dapat membuat pesta kebun dengan penerangan remang-remang yang justru dapat menambah keintiman dari pesta pernikahanmu. Selain menyewa lampu, kamu bisa membuat lampu peneranganmu sendiri.

3. Membuat Pesta Kebun

Membuat pesta kebun via greenweddingshoes.com

Kamu juga bisa menyulap kebun rumahmu menjadi tempat pesta pernikahan impian dengan menambahkan berbagai dekorasi bunga. Agar semakin hemat biaya, kamu bisa menanam bungamu sejak jauh hari. Bunga-bunga alami yang kamu tanam sendiri tentunya akan membuat pestamu semakin berwarna. Kamu juga dapat menggantung pot-pot kecil di dahan pohon untuk menyemarakkan pestamu. Jangan lupa menambahkan pita-pita cantik sesuai dengan seleramu.

4. Desain Baju Sendiri

Design baju sendiri via holicoffee.com

Jika cukup kreatif, kamu juga bisa membuat baju pernikahan impianmu sendiri. Jika tidak, kamu dapat meminta bantuan temanmu yang jago desain baju atau mencontek desain baju dari majalah. Membeli bahan di tempat murah juga akan membuatmu semakin berhemat. Kamu juga bisa menjahitnya di tempat rekomendasi ibumu atau bahkan belajar menjahit sendiri.

5. Menggunakan Baju Pernikahan Ibumu

Menggunakan baju pernikahan ibumu via instyle.com

Selain klasik, baju pernikahan yang pernah dipakai oleh ibumu juga akan membuat pernikahanmu semakin sentimentil, sakral, sekaligus unik. Kamu akan merasakan kebahagiaan yang dulu juga pernah ibumu rasakan. Jangan takut terlihat tua, kamu juga bisa saja mempermak ulang baju pernikahan ibumu, tanpa kehilangan desain aslinya.

6. Hanya Mengundang Keluarga dan Sahabat Terdekat

Mengundang keluarga dan sahabat terdekat via insideweddings.com

Permasalahan yang sering kali mengusik calon pengantin adalah jumlah undangan. Pastikan kamu hanya mengundang keluarga dan sahabat terdekat jika budget pernikahanmu minim. Tentu saja, dengan undangan yang lebih sedikit, suasana akan menjadi lebih akrab. Kamu dan pasangan bisa mendatangi tamu dan bercengkrama dengan mereka.

7. Memberikan Undangan Elektronik

Undangan elektronik via imaginewweb.com

Kamu juga bisa memanfaatkan teknologi dengan mengirimkan undanganmu via email. Undangan juga dapat dikirimkan via social media milikmu. Namun, tetaplah berusaha untuk mengundang mereka secara personal karena kamu akan lebih terlihat respect.

8. Meminta Bantuan

Meminta bantuan via redboxwedding.com

Jika kamu tidak memiliki banyak biaya untuk menyewa wedding organizer, kamu tentunya harus mengatur sendiri berbagai keperluan pernikahanmu. Libatkan dan minta tolong pada keluarga dan sahabat agar kamu tidak semakin pusing mempersiapkan pernikahanmu. Kamu juga bisa mengajak orang terdekat lainnya untuk menambah keakrabanmu dengan mereka, apalagi nantinya kamu akan berkeluarga.

9. Mengurangi Biaya Honeymoon-mu dengan Backpackeran!

Honeymoon backpacker via rumahnikah.com

Jika umumnya pasangan yang baru menikah memilih untuk merayakan bulan madu mereka di tempat-tempat mahal, kamu bisa mencoba destinasi wisata yang menggunakan alat transportasi murah. Misalnya, kamu dan pasangan pergi ke Lombok menggunakan bus dan kapal, lalu berkemah di pinggir pantai atau bahkan pegunungan yang hijau. Dijamin kamu akan mengalami sensasi baru yang tentunya nggak akan terlupakan seumur hidup.

10. Minta Temanmu yang Pintar Memotret untuk Mengabadikan Moment Indahmu

Minta bantuan teman untuk jadi fotografer via www.picterest.info

Fotografi sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari sebuah pernikahan. Banyak pasangan yang menyewa jasa fotografer profesional pada saat pernikahan. Jika kamu dan pasangan memutuskan untuk menghemat dana pernikahan, tidak ada salahnya meminta tolong temanmu yang jago memotret untuk menjadi tukang jepret di hari pentingmu. Selain hemat, kamu juga tidak perlu sulit menciptakan chemistry karena sudah kenal dengan si juru foto.

11. Hindari Menikah di Peak Season 

Hindari pernikahan di peak season via www.socialandpersonalwedding.ie

Ada beberapa hari dalam setahun yang selalu menjadi tanggal favorit orang menikah, seperti tanggal cantik 06 – 06 – 2016. Selain itu, banyak pasangan di Indonesia memilih untuk melangsungkan pernikahannya sebelum bulan puasa. Tidak ada salahnya untuk memilih tanggal cantik dan hari favorit sebagai tanggal pernikahanmu, tapi tentunya biaya pernikahanmu juga akan lebih mahal. Ini mungkin tidak terjadi kalau kamu telah menentukan dan menyewa berbagai perlengkapan sejak jauh hari, ya.

12. Memangkas Dana Souvenir Pernikahan

Souvenir pernikahan via gpro-jack.com

Souvenir pernikahan memang menjadi hal wajib ada pada setiap pernikahan. Namun, sering kali biaya untuk membeli souvenir yang berkesan dan bermanfaat menjadi sangat mahal. Padahal, kamu bisa memutar otak dan memilih souvenir dengan harga yang murah tanpa mengurangi esensi dan manfaat dari souvenir itu. Misalnya saja, souvenir yang berupa bibit ataupun pohon kaktus.

13. Memangkas Dana Katering

Memangkas biaya katering via niedhanie.wordpress.com

Dana katering sering kali memakan biaya yang sangat besar dan menyebabkan biaya pernikahanmu membengkak. Padahal, kamu bisa menyewa gerobak keliling sebagai pengganti katering. Selain lebih murah, gerobak keliling juga tidak membutuhkan penjaga karena kamu bisa sekalian meminta penjualnya untuk menjaga gerobak mereka dan melayani para tamu. Efisien kan?

14. Memakai Cincin yang Telah Didaur Ulang

Memakai cincin daur ulang via huffingtonpost.com

Cincin yang telah didaur ulang juga bisa kamu pilih untuk menghemat biaya pernikahanmu. Mintalah hibah emas yang sudah tidak terpakai kepada teman dan saudara. Setelah itu, kamu bisa pergi ke tukang emas untuk mendapatkan desain cincin yang kamu inginkan. Selain hemat, cincinmu juga akan menjadi unik dan berbeda.

15. Minta Tolong Teman untuk Mengisi Acara Musik di Pestamu

Wedding live music via gumtree.com

Tidak ada salahnya meminta bantuan teman untuk  mengisi acara live music di pernikahanmu. Buatlah panggung sederhana sebagai tempat temanmu membawakan musik mereka. Kamu juga bisa request berbagai lagu favoritmu kepada temanmu tanpa perlu merasa canggung. Hemat dan akrab, bukan?

Itulah tips yang dapat kamu lakukan agar pesta pernikahanmu tetap dapat menjadi momen yang paling indah, meskipun kamu mempersiapkannya dengan budget minim. Jangan lupa menyiapkan mental di tengah persiapanmu menghadapi hari bersejarah tersebut. Kira-kira apalagi ya hal yang dapat kita lakukan untuk dapat meminimalisasi biaya pernikahan? Kalo kamu tahu, nggak ada salahnya lho beri komentar di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *