5 Bahan Alami yang Gampang Dicari untuk Kulit Cantik dan Sehat

Washing face via www.ankivillage.com

Siapa sih yang nggak pengin punya kulit bersih dan flawless seperti bintang iklan produk kecantikan? Cantik adalah impian semua wanita kan, ladies? Melakukan perawatan di salon dan klinik kecantikan sudah menjadi hal yang rutin dilakukan. Tapi, kadang kesibukan membuat kita lupa untuk merawat kulit terutama wajah, apalagi kita harus mengantre untuk mendapatkan treatment wajah kita.

Jika harus menunggu berjam-jam, kita akan merasa buang-buang waktu, sedangkan masih banyak pekerjaan lain yang harus kita lakukan. Jangan sedih, ladies, kita bisa melakukan treatment ala salon dan klinik kecantikan di rumah dengan bahan-bahan yang sangat mudah, bahkan tersedia di supermarket atau pasar tradisional.

Jadi, nggak ada lagi berlama-lama menunggu giliran untuk di-treatment oleh terapis. Kalian bisa menjadi terapis untuk diri sendiri. Justru kamulah yang lebih paham dengan kondisi dan keadaan wajahmu, serta lebih mengetahui bagian wajah mana yang membutuhkan treatment khusus.

Berikut adalah tips kecantikan dengan menggunakan bahan alami yang mudah ditemukan. Simak ya, ladies.

1. Putih Telur dan Lemon

Egg and Lemon via www.youtube.com

Ladies, putih telur dan lemon adalah perpaduan masker yang ampuh untuk kalian yang bermasalah dengan kulit berminyak dan komedo membandel. Kamu tidak ingin kan lawan bicara kalian lebih fokus pada komedo di hidungmu?

Kalian hanya membutuhkan putih telur, lemon, tissue wajah, wadah, dan kuas untuk masker. Jika kalian tidak mempunyai kuas masker, kalian bisa menggunakan tangan kalian. Caranya, cukup pisahkan putih dan kuning telur, kocok lepas putih telur hingga mengembang. Lalu, beri sedikit perasan lemon. Masker putih telur dan lemon siap dikuaskan pada kulit wajah kamu.

Setelah terkuas merata, letakan satu lembar tissue menutupi seluruh kulit wajah kamu. Tekan perlahan hingga tissue menempel pada wajah. Diamkan tissue hingga kering. Setelah mengering, lepaskan tissue perlahan dari dagu keatas. Voila! Komedo dan kulit mati terangkat sempurna dan kulit terbebas dari komedo membandel.

Sangat mudah kan, ladies?

2. Madu

Honey via www.abc.net.au

Bahan kedua yang bisa kalian gunakan adalah madu. Madu yang dihasilkan lebah memiliki banyak kegunaan untuk kehidupan sehari-hari dan kesehatan. Madu dapat diseduh untuk dijadikan minuman hangat atau dingin sebegai asupan energi. Madu juga bisa menambah cita rasa makanan menjadi lebih nikmat.

Selain itu, kandungan madu sangat baik untuk kesehatan kulit kita. Madu dapat merangsang pertumbuhan kulit baru pada wajah dan madu memiliki nutrisi yang bisa diserap oleh kulit. Kulit akan terasa lebih kencang dan awet muda.

Kalian hanya membutuhkan beberapa sendok makan madu. Kalian bisa menggunakan madu yang tersedia di toko-toko terdekat dalam bentuk sachet, wadah, dan kuas masker.

Caranya cukup mudah. Tuangkan madu ke dalam wadah lalu kuaskan madu pada seluruh wajah. Kalian juga bisa menambahkan sedikit perasan jeruk lemon lho, ladies. Jika diinginkan, kalian bisa menambahkan masker madu kalian dengan bubuk kayu manis untuk menambah aroma relaksasi yang membuat kita rileks dan santai.

3. Bengkoang

Bengkoang untuk Kulit via www.cantikalamiah.com

Siapa yang tidak mengenal bengkoang sebagai salah satu bahan alami untuk menunjang kecantikan kulit kita? Bengkoang sudah terkenal dengan khasiatnya yang dapat membuat kulit mulus dan putih. Banyak produk-produk kecantikan yang dijual dengan bahan dasar bengkoang karena memang bengkoang sudah terbukti dapat memutihkan dan memuluskan kulit wajah.

Namun, produk-produk kecantikan terkadang menggunakan bahan kimia yang tidak baik untuk kulit wajah dan bisa-bisa kulit wajah ladies justru iritasi karena kandungannya. Mungkin dengan cara yang alami, nutrisi bengkoang justru dapat terserap lebih baik ke dalam wajah kita.

Bahan yang kalian butuhkan adalah satu buah bengkoang yang sudah dicuci dan dikupas, alat pemarut, dan wadah. Parut lembut daging buah bengkoang. Kalian bisa melihat air bengkoang yang keluar dari hasil parutan adalah sari-sari bengkoang. Jangan dibuang ya ladies, justru air sari bengkoanglah yang memiliki kandungan penting untuk kulit kalian.

Setelah terparut dan halus, aplikasikan secara merata pada kulit wajah hingga menutupi seluruh daerah wajah seperti menggunakan masker biasa. Diamkan selama 15 menit. Lakukan treatment ini 2 kali seminggu dan rasakan perubahan pada kulit wajah kamu.

Penggunaan secara rutin akan membuat perubahan lebih maksimal pada kulit wajah kamu, ladies. Wajah kamu akan terlihat lebih cerah dan halus.

4. Kopi

Coffee bean tumblr via www.flickr.com

Kopi punya maanfaat lain selain untuk hidangan minuman di tengah-tengah bercengkrama dengan keluarga atau teman. Salah satu kegunaannya adalah sebagai masker. Kopi memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dapat memberi efek relaksasi pada kulit wajah yang stres karena make-up yang kalian gunakan setiap hari.

Kandungan di dalam kopi, seperti kafein, dapat mengencangkan kulit wajah dan membantu dalam proses pengelupasan kulit mati. Selain itu, kopi juga dapat memperbaiki tone wajah yang tidak merata seperti belang karena terkena paparan sinar matahari.

Kopi juga dapat membantu menghilangkan flek hitam dan noda bekas jerawat yang mengganggu. Bahan yang kalian butuhkan adalah kopi bubuk, wadah, air, dan kuas masker. Cukup campurkan bubuk kopi dan air dengan perbandingan 1:1 agar masker kalian tidak terlalu encer atau terlalu kental. Bila terlalu kental, kalian bisa menambahkan lagi sedikit air. Aduk secara merata dan aplikasikan seperti menggunakan masker wajah pada umumnya.

Masker kopi merupakan masker scrub untuk wajah. Jadi diamkan masker pada wajah kamu sekitar 10 menit dan lakukan pijatan-pijatan lembut secara melingkar pada wajah kamu.

Ingat ladies, jangan menggosok teralu keras karena bubuk kopi bertekstur kasar. Bila digosok terlalu keras, bisa terjadi iritasi dan peradangan pada kulit wajah karena bubuk kopi akan melukai jaringan lembut kulit terluar wajah kamu. Setelah melakukan scrubing pada wajah, bilas sisa bubuk kopi dengan air dingin. Rasakan perbedaan pada kulit wajah kamu, kulit akan terasa lebih segar dan bersih.

5. Pisang dan Plain Yogurt

Banana and Yogurt for Face via www.zliving.com

Selain bisa dikonsumsi, campuran pisang dan plain yoghurt bisa juga digunakan untuk masker yang ampuh untuk menyegarkan wajah lho, ladies. Apalagi setelah seharian di luar ruangan dan terkena sinar matahari, pisang dan yoghurt adalah pilihan yang tepat untuk memanjakan kulit kalian.

Kandungan yoghurt sebagai salah satu produk fermentasi dari susu sangat bermanfaat untuk kulit wajah yang memiliki karakter berjerawat dan berminyak. Yoghurt yang bersifat asam dapat membunuh bakteri-bakteri penyebab jerawat pada kulit muka. Lalu, pisang menjadi campurannya.

Pisang kaya akan kandungan vitamin E. Vitamin E pada pisang dapat mengencangkan kulit wajah kita. Selain mengencangkan kulit wajah, pisang juga dapat menghilangkan jerawat.

Bahan yang kalian butuhkan adalah satu buah pisang, kupas kulitnya dan potong kecil-kecil agar mudah dihaluskan. Plain yoghurt bisa kalian beli di minimarket maupun supermarket terdekat. Campurkan pisang yang telah dihancurkan dan plain yoghurt ke dalam wadah, dan masker pun siap dioleskan pada seluruh wajah kamu.

Kamu juga bisa menambahkan sedikit madu ke dalam masker yogurtmu lho, ladies. Lakukan treatment ini secara rutin dan jerawat membandel pun hilang, kulit terasa lebih kencang.

Gimana, ladies? Gampang dan mudah kan cara untuk mempercantik diri? Tidak perlu repot antre berjam-jam di klinik kecantikan maupun salon.  Bahan-bahan alami akan lebih baik untuk kesehatan dibandingkan bahan kimia yang terkandung di dalam produk-produk kecantikan yang ada di pasaran.

Tips kecantikan di atas sangat cocok untuk kalian yang sangat sibuk dan tidak memiliki waktu untuk ke salon dan klinik kecantikan. Bahan-bahan tadi sangat mudah kamu jumpai di minimarket dan supermarket dengan harga yang terjangkau juga.

Jadi, percantik diri tidak perlu mahal dan memakan waktu yang lama karena siapa saja bisa melakukannya di rumah.
Selamat mencoba, beautiful ladies!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *