5 Cara Tambah Kinclong Tanpa Membuat Kantong Bolong

Di dunia ini hampir nggak ada wanita yang nggak pengin cantik, dari yang masih bau kencur ataupun yang sudah berumur. Mereka berlomba-lomba merawat diri agar terlihat menarik. Berbagai cara pun ditempuh untuk menjadi cantik.

Bagi mereka yang berkantong tebal, perawatan mewah tidak akan menjadi masalah. Namun, bagi kita yang punya jatah bulanan pas-pasan, ini serasa makan buah simalakama. Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa tips perawatan head-to-toe hanya menggunakan bahan-bahan dapur. Cara cermat dan hemat dengan hasil yang maksimal.

1. Masker Rambut

rambut cantik alami via maskerrambutalami.blogspot.com

Rambut adalah mahkota bagi kaum hawa, maka sebagai perempuan kita wajib banget buat menjaga kesehatan rambut supaya selalu tampak berkilau. Dengan rambut yang bersih terawat, kecantikan pun akan terpancar lebih bersinar. Berikut ada cara hemat untuk menjadikan rambut bersih terawat hanya dengan bahan sederhana.

Bahan yang dibutuhkan hanyalah 1 buah pisang (menyesuaikan ketebalan dan panjang rambut), 1 sdm yoghurt, dan 1 sdm air perasan lemon. Kemudian, semua bahan diblender menjadi satu sampai menjadi pasta. Oleskan secara merata dari akar sampai ujung rambut pada rambut bersih dan dalam keadaan basah. Tutup dengan shower cap dan diamkan selama 20 menit. Terakhir, bilas sampai bersih.

Pisang sangat baik untuk mencegah sekaligus merawat rambut rusak, kasar, dan bercabang. Yogurt sangat ampuh untuk menjadikan rambut selembut sutra, sedangkan lemon berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan mencegah munculnya ketombe. Dengan ramuan ini, rambut sehat, lembut, dan bebas ketombe bukan hanya sebatas mimpi.

2. Scrub Badan

chocolate scrub via wanitalk.com

Yang pertama kita siapkan untuk membuat scrub alami adalah ½ gelas brown sugar atau gula palem, 3 sdm kopi, dan ½ gelas minyak zaitun. Campurkan semua bahan dan aduk sampai merata. Kedua, siapkan toples untuk menyimpan scrub ini, kemudian simpan di kulkas agar dapat bertahan selama 1 bulan. Apabila kita ingin menggunakannya, cukup keluarkan secukupnya ke dalam mangkok, bisa ditambah sedikit air jika dirasa scrub ini terlalu kental.

Dengan teratur menggunakan scrub ini, minimal seminggu sekali, kamu bisa mendapatkan kulit halus dan bersinar seperti artis Korea. Tak hanya itu, scrub ini juga ampuh untuk menghilangkan selulit membandel yang membuatmu nggak pede. Cukup dengan ramuan dari dapur, kamu nggak perlu repot-repot untuk spa di salon lagi deh, jauh lebih hemat kan?

3. Manicure

sehatkan kukumu via infoloka.com

Nah, untuk perawatan yang satu ini mungkin perawatan bagi para wanita pecinta keindahan, khususnya pada bagian kuku tangan, biar bisa cetar seperti Princess Syahrini. Bedanya, ini menggunakan cara alami sekaligus hemat, jadi kuku cantik tak hanya milik para artis saja. Untuk melakukan perawatan ini, kamu tak harus keluar rumah, cukup ke dapur dan buka kulkas saja.

Bahan yang disiapkan antara lain, 1 buah lemon yang diiris tipis beserta kulitnya, ½ mentimun yang diiris tipis juga, dan yang terakhir adalah air dingin. Semua bahan dimasukkan ke dalam mangkuk besar supaya bisa menampung kedua tangan kita. Rendam tangan dalam ramuan tersebut selama 10 menit. Setelah itu, lap tangan dengan handuk lembut, tidak perlu dibilas, dan terakhir gunakan hand cream supaya kelembannya terjaga.

Perawatan manicure ini akan membuat tangan menjadi halus dan kuku sehat tak gampang patah. Setelah kuku sehat, kamu ga perlu was-was saat ingin menggunakan kutek kesayangan. Jadi, kamu bisa bebas mengkreasikan nail art sesuai pilihan.

4. Pedicure

kaki sehat alami via ticktockbeauty.co.uk

Tak hanya tangan saja yang halus dan terawat, kaki juga butuh perawatan yang sama penting. Kaki pecah-pecah dapat merusak penampilan dengan sekejap. Untuk mencegah hal itu, ada tips yang patut dicoba di rumah karena cukup mudah dan antiribet.

Cukup siapkan sebaskom air panas dan 2 kantong teh hitam. Masukkan 2 kantong teh tesebut ke dalam baskom yang telah diisi air panas hingga menghasilkan air teh, tunggu sampai hangat. Setelah dirasa hangatnya cukup, rendam kaki selama 20 menit, sembari gosok secara halus bagian punggung kaki secara  bergantian. Terakhir, bilas dengan air dingin supaya pori-pori menutup kembali. Jangan lupa gunakan foot cream supaya kelembapannya terjaga.

Teh hitam mengandung antioksidan yang tinggi sehingga kulit menjadi halus. Selain itu, teh hitam mengandung antibakterial yang mampu membunuh kuman sehingga dapat mencegah bau kaki. Aroma teh yang tercium pun juga berfungsi sebagai aromaterapi yang membuat kita menjadi lebih tenang dan nyaman.

5. Tidur Cukup

tidurlah secukupnya via www.pressroomid.com

Cara terakhir yang bisa diterapkan dan cara paling mudah tanpa biaya adalah tidur cukup, sekitar 7 sampai dengan 8 jam setiap harinya. Terlebih lagi tidur ketika malam, tubuh kita melakukan recovery supaya badan kita menjadi bugar pada saat bangun nanti. Ini bukanlah mitos belaka, tetapi dari beberapa penelitian sudah ditemukan buktinya lho!

Ada beberapa manfaat tidur, antara lain mengurangi sedikit keriput pada wajah kita. Otot wajah dapat melakukan relaksasi selama kita tidur, mencegah timbulnya jerawat. Dengan tidur cukup, peredaran darah menjadi lancar dan bisa mengurangi penyebab tumbuhnya jerawat, sekaligus langsing. Metabolisme kita menjadi lancar sehingga pembakaran kalori bisa maksimal dan berat badan ideal akan tetap terjaga.

Untuk kamu yang punya masalah dengan tidur, seperti insomnia, tak perlu khawatir karena kamu bisa coba beberapa tips. Pertama, mandi beberapa saat sebelum tidur karena tubuh kamu akan jauh lebih rileks. Kamu akan lebih mudah merasakan kantuk. Kalau cara kedua tidak berhasil, cobalah meditasi sebelum tidur. Lepaskan semua pikiran yang mengganggu tidurmu.

Fokuskan pikiran dan aturlah pernapasan misalnya ambil napas selama 4 detik lali diembuskan dalam 8 hitungan. Tambahkan dengan mematikan lampu kamar sehingga suasana lebih remang-remang. Minum susu sebelum tidur juga membantu lho!

Dengan beberapa tips tersebut, kamu bisa mendapatkan kulit kinclong tanpa menguras kantong. Bahan alami membuat kecantikan yang terpancar pun tanpa efek samping. Kalau badan dan wajah sudah terawat, mau dandan atau nggak, kamu akan tetep oke. Buat para wanita, cantik itu relatif tapi terawat itu hukumnya mutlak. Jadi, kita cukup merawat apa yang sudah diberikan Tuhan dan bersyukur dengan apa yang kita punya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *