5 Destinasi Wisata ini Akan Me-Refresh Pikiran Kamu!

Liburan kini telah menjadi suatu kebutuhan pokok bagi sebagian masyarakat di seluruh dunia. Kehidupan yang penuh dengan aktivitas membuat hidup semakin penat. Inilah alasan mengapa liburan menjadi sesuatu hal penting untuk dilakukan, yakni sekadar melepas penat atau me-refresh otak.

Karena perkembangan teknologi semakin hari semakin berkembang, hal tersebut juga sangat memengaruhi tren liburan dari tahun ke tahun. Kita bisa melihat tren tahun 2016 yang terpengaruh dari tahun sebelumnya. Tahun ini adalah era di mana media sosial menjadi bagian yang penting dari kehidupan sesorang, terutama bagi para remaja.

Tujuan dari liburan kini juga telah bertansformasi menjadi ajang untuk mengambil foto-foto terbaik dan meng-upload-nya ke media sosial yang dimiliki. Hal tersebut mampu meningkatkan eksistensi diri. Terkadang budget, jarak, dan waktu bukan menjadi halangan untuk berlibur ke suatu tempat demi mengejar pose terbaik untuk dapat di-upload dan mendapat banyak like dari orang lain.

Suatu tempat wisata pun bisa menjadi sangat terkenal hanya dalam waktu sekejap karena media sosial, seperti Instagram. Berbekal gambar yang menarik, daerah wisata bisa langsung diserbu wisatawan. Dari fenomena liburan di tahun 2015, inilah daftar destinasi wisata yang akan menjadi hits di tahun 2016.

1. Pantai (Pantai Kukup, Gunungkidul)

Pantai Kukup via solo-nights-surakarta.blogspot.com

Indonesia merupakan negara kepulauan yang berarti memiliki banyak pantai, dari pantai yang sudah sangat terkenal hingga pantai-pantai eksotis yang belum terekspos. Oleh sebab itu, pantai bisa menjadi destinasi hits di tahun 2016 ini. Pantai bisa memberikan sensasi fresh pada otak kita. Dengan kaki menginjak pasir dan deburan suara ombak dan angin yang sepoi-sepoi, kita merasa nyaman dan tenang ketika berada di pantai.

Selain itu, pantai juga memiliki banyak spot foto yang indah untuk dapat diambil. Terkadang, semakin tidak terekspos suatu pantai, maka semakin eksotis pula pemandangan yang ada. Para traveler tidak lelah untuk berbondong-bondong hunting lokasi-lokasi pantai tersembunyi yang ada di Indonesia. Salah satu pantai eksotis yang ada di Indonesia adalah Pantai Kukup yang ada di Gunungkidul. Masih ada banyak lagi pantai-pantai indah yang siap dikunjungi di tahun 2016 ini yang tersebar di seluruh Indonesia.

Namun, yang perlu diperhatikan ketika ingin berlibur di pantai Gunungkidul yaitu akses jalan yang menanjak dan berkelok-kelok. Di kanan dan kiri jalan dipenuhi hutan dan bebatuan. Jadi, jika ingin berlibur ke pantai-pantai ini, pastikan keadaan kendaraan yang akan kamu gunakan dalam kondisi prima.

2. Taman (Taman Selecta, Batu Malang)

Taman Selecta via www.utiket.com

Taman yang ada di Indonesia mungkin tidak sebanyak dan sebagus taman-taman yang ada di luar negeri. Namun, kini objek wisata taman di Indonesia telah menjamur, dari taman bunga , taman lampion, hingga taman-taman unik lainnya. Spot foto yang ada di taman pun bisa membuat hasil foto liburan kita menjadi ciamik dan menggaet banyak like di media sosial.

Selain itu, taman juga tempat liburan yang akses jalannya lebih mudah untuk dilalui karena lokasinya sering kali berada di tengah kota. Kita bisa sewaktu-waktu mengunjuginya untuk sekadar melepas penat sejenak. Salah satu contoh taman yang keren adalah Taman Selecta di Kota Batu, Malang, Jawa Timur. Taman bunga ini sangat cocok digunakan untuk hunting foto dan berjalan-jalan karena terdapat berbagai macam bunga yang menyegarkan mata.

Hal penting yang perlu diingat adalah menjaga taman agar saat kita pergi kondisi taman tersebut masih sama seperti saat kita datang. Ada sebagian orang yang melakukan apa pun untuk mengambil foto terbaiknya dan terkadang justru merusak taman itu. Jangan sampai kita berbuat begitu ya!

3. Bangunan Unik (Kota Tua, Jakarta)

Kota Tua via www.indonesia.travel

Bangunan unik sering kali menjadi tempat ikonik dari suatu daerah.  Sewaktu kita berkunjung ke daerah tersebut, tempat wisata bangunan unik menjadi lokasi yang wajib untuk dikunjungi. Ini seperti wisata Kota Tua yang ada di Jakarta, Gedung Sate di Bandung, dan masih banyak tempat-tempat ikonik lainnya.

Bangunan unik itu biasanya berupa museum atau bangunan peninggalan Belanda. Keuntungan lain ketika kita berkunjung ke tempat wisata ini adalah mendapatkan pengetahuan tentang peninggalan sejarah dan budaya. Kita jadi tahu tempat-tempat yang biasanya hanya kita lihat dan baca di buku sejarah. Kini kita bisa berkunjung langsung dan belajar langsung ke tempatnya. Hal tersebut tentu saja memberikan pengalaman yang berharga untuk kita.

Wisata Kota Tua yang ada di Jakarta ini ramai dikunjungi masyarakat ketika sore hari.  Tempat ini sangat cocok untuk sekadar nongkrong dan berfoto-foto. Kamu juga bisa menyewa sepeda yang telah disediakan untuk dapat mengitari area Kota Tua dengan lebih santai.

4. Arena Bermain (Trans Studio, Bandung)

Trans Studio via www.traveltodaylah.com.my

Wisata arena bermain masih akan tetap menjadi destinasi wisata yang hits di tahun 2016 ini. Ini disebabkan oleh wisata arena bermain merupakan tempat wisata yang paling cocok untuk semua anggota keluarga. Bagi kamu yang ingin berlibur bersama keluarga, tempat-tempat wisata inilah yang paling cocok untuk dikunjungi.

Kita tahu sekarang arena bermain sudah semakin bermunculan di seluruh Indonesia. Berbagai tempat wisata tersebut juga menawarkan konsep permainan yang berbeda-beda. Pastinya setiap lokasi arena bermain memiliki ciri khas konsep masing-masing.

Namun, yang perlu diperhatikan adalah waktu mengunjunginya. Ketika mengunjungi arena bermain ini sewaktu liburan, tempat wisata ini berpotensi sangat ramai. Hal itu mungkin dapat mengganggu liburan kalian yang seharusnya menyenangkan tapi berubah menjadi kepenatan karena harus berdesak-desakan dengan banyaknya orang yang berkunjung ke lokasi itu. Karena faktor itu, tempat wisata tersebut tidak disarankan untuk dikunjungi saat musim libur panjang tiba.

5. Wisata Ke Luar Negeri (Universal Studio, Singapura)

Universal Studio via www.wahdahtravel.com

Wisata ke luar negeri merupakan liburan impian bagi sebagian besar orang Indonesia karena dianggap keren. Ini juga disebabkan budget yang tidak sedikit untuk bisa menikmati liburan ke luar negeri. Jika kamu ingin berlibur ke luar negeri, kamu harus sedikit menabung untuk dapat mewujudkannya.

Pilihan yang lebih mudah kalau ingin berlibur ke luar negeri adalah kunjungi negara-negara tetangga. Budget yang dibutuhkan masih bisa kalian kumpulkan dalam waktu beberapa waktu saja. Kita bisa mulai mengunjungi Singapura, Malaysia, atau Thailand.

Selain dapat mengunjungi tempat-tempat wisata keren yang ada di negara lain, kita juga mendapatkan pengalaman baru. Kita bisa belajar mengenai kehidupan dan kebudayan di negara tersebut. Bahkan, kita bisa mendapatkan pengalaman mengenai interaksi langsung dengan orang-orang dari negara tersebut.

Pengalaman-pengalaman yang didapat tersebut bisa membuka mata kita lebih lebar tentang kehidupan. Kita akan menemukan sesuatu yang belum pernah kita temui sebelumnya. Selain itu, cerita kita pernah berlibur ke luar negeri menjadi cerita yang keren untuk dibagikan kepada temen-teman kita.

Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat bagi para traveler yang akan pergi berlibur sepanjang tahun 2016 ini ya! Yang perlu diingat sebelum pergi berlibur adalah mempersiapkan segala macam keperluan, mulai budget, uang saku yang diperlukan, hingga persiapan fisik yang selalu fit. Karena jika semuanya tidak dipersiapkan dengan baik, liburan indah bisa jadi malah menjadi suatu pengalaman yang tidak menyenangkan.

Jadi, destinasi mana yang akan jadi pilihanmu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *