7 Tempat Wisata ini Harus diKunjungi Sebelum Merried!

Kembang api semarak tahun baru memang terasa meriah untuk dilupakan. Tahun 2015 sudah berganti menjadi 2016. Pastinya, di 2015, kamu sudah ber-travelling menyenangkan bukan? Atau mungkin belum semua tempat to-do-list perjalananmu dikunjungi? Tempat wisata berikut ini mungkin bisa menjadi target melancong kamu di tahun 2016.

1. Pantai Karang Nini

Pantai Karang Nini via mypangandaran.com

Terletak 80 km dari kota Ciamis atau 10 km dari Pangandaran. Pantai Karang Nini menyuguhkan pantai dengan rimba hutan di tepi pantainya. Untuk menuju pantai Karang Nini, kalian bisa menggunakan kendaraan pribadi atau ada juga kendaraan umum yang siap mengantar kalian. Pantai ini berada di balik bukit dan tetap terjaga kelestariannya karena Pantai Karang Nini dikelola langsung oleh Perum Perhutani.

Fasilitas di pantai Karang Nini termasuk lengkap dan tentunya pemandangan indah yang akan kalian dapat karena pantai ini terletak diantara kompleks pantai Pangandaran. Fasilitas yang tersedia antara lain : kantor informasi, pondok wisata, mushola, warung/kedai, camping ground, play ground dan areal parkir seluas ± 300 meter.

Ada juga tempat lain yang bisa kalian kunjungi antara lain: Goa Parat, goa Pendek, goa Dompet dan goa Panjang. Sayangnya fasilitas jalan menuju Pantai Karang Nini masih kurang bagus. Tetapi untuk menikmati pemandangan indah juga butuh usaha lebih bukan?

2. Pantai Surumanis

Pantai Surumanis via satu-indonesia.com

Menuju ke timur sekitar 140 km dari Pangandaran, tepatnya di Desa AyahKabupaten Kebumen. Pantai Surumanis terletak diantar Desa Pasirdan Desa Srati kecamatan Ayah yang diapit oleh Pantai Pecaron dan Pantai Karang Pengantin.

Sama seperti Pantai Karang Nini, Pantai Surumanis juga terletak dibalik bukit. Apa saja yang ada di Pantai Surumanis? Tentu saja pemandangan menakjubkan yang kita lihat karena berada kurang lebih 30meter diatas bukit kapur dengan berhadap langsung dengan samudra Hindia. Penasaran bukan? Untuk menuju Pantai Surumanis, kita akan melewati medan terjal untuk mencapai puncak bukit.

Dibutuhkan tenaga ekstra dan nyali yang cukup untuk berkendara menuju pantai ini. Dan jika kalian mencari tempat sepi dengan pemandangan samudra, mungkin di Pantai Surumanis kalian mendapat jawabannya.

Sepanjang pantai selatan Jawa Barat -Jawa Tengah memang menyimpan surga tersembunyi yang pantas untuk dinikmati dan banyak dari jajaran pantai selatan itu masih tergolong sepi.

3. Pentulu Indah

Pentulu Indah via pecintaalam.org

Masih di Kota Kebumen, 19 km ke utara menuju ke Kecamatan Karangsambung. Selain terdapat LIPI yang terkenal dengan temuan batu samudra yang ada disana, Karangsambung mempunyai bukit dengan hutan pinus dan pemandangan pegunungan yang memukau. Pentulu Indah(PI), diresmikan pada tahun 2015, merupakan wisata dengan pemandangan pegunungan yang akhir-akhir ini menjadi trend wisata di Kebumen.

Di Pentulu Indah (jika cuaca cerah) kalian bisa melihat dataran pegunungan Karangsambung dengan sebelah timur terlihat gunung Sindoro Sumbing dengan udara segar khas pegunungan diantara pohon pinus yang rimbun. Di PI kita bisa melihat sunrise di ufuk timur, kalian bisa bayangkan bukan melihat sunrise dengan ditemani pemandangan gunung Sindoro Sumbing? Pastinya membuat bibir kalian tersungging dengan sendirinya. Biaya masuk kawasan PI cukup murah, hanya membayar parkir kendaraan.

4. Dieng Plateau

Bukit Sikunir via parmantos.wordpress.com

Dieng memang sudah terkenal dari beberapa tahun lalu, obyek wisata di Dieng memang beragam. Mulai dari Telaga Warna, Candi Arjuna, sampai Dieng Plateau Theater. Tetapi Dieng juga menyuguhkan pemandangan yang indah jika kalian mau “menanjak” karena Dieng terletak diantara barisan pegunungan diatas 2000 mdpl.

Jika kalian adalah sunrise hunter, Dieng mempunyai spot sunrise terbaik yaitu Bukit Sikunir. Bukit Sikunir merupakan salah satu wisata andalan di Dieng karena menyuguhkan pemandangan sunrise nomor 1.

Gunung Prau via diengnaturetrail.wordpress.com

Waktu terbaik menikmati sunrise di Bukit Sikunir adalah antara bulan Juli-Agustus karena bertepatan dengan musim kemarau sehingga langit akan tampak bersih dan tentu saja tidak terkendala hujan. Satu lagi yang harus kalian coba jika kalian hobi mendaki gunung. Gunung Prau, terletak di 2565 Mdpl mungkin tidak setenar tetangganya yaitu Sindoro, Sumbing dan Merapi. Gunung Prau tak kalah indah dengan tetangganya karena terletak di barisan pegunungan Dieng, trek menuju puncak Gunung Prau menjadi menarik karena disuguhi pemandangan indah Gunung Sindoro-Sumbing.

Tertantang untuk mendakinya? Datanglah ke Dieng.

5. Pantai Greweng

Pantai Greweng via inibaruoutdoor.com

Sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Jogja menuju Kabupaten Gunung Kidul. Ya, Gunung Kidul memang surganya pantai indah cocok bagi kalian yang butuh “vitaminsea” hehehe. Pantai indah sepanjang komplek pantai Gunung Kidul, mulai dari Pantai Baron, Kukup, Sundak, Indrayanti, Wediombo, dll. Banyak pilihan bukan?

Mari kita lihat pantai tersembunyi, Pantai Greweng. Pantai Greweng terletak bersebelahan dengan Pantai Wediombo. Untuk mencapainya, kamu harus memarkir kendaraan di parkiran atas Wediombo kemudian kamu harus berjalan sejauh kurang lebih 2 km melalui bukit batuan karang yang terjal.

Di samping trek menuju Pantai Greweng banyak dijumpai lading-ladang jagung dan juga kacang tanah beserta ternak yang ada disana. Sesampainya di pantai, kita akan lihat pose bukit batu yang melindungi pantai khas pantai Greweng yang tersembunyi seperti halaman belakang rumah. Walaupun pantai ini tergolong baru ditemukan, tetapi fasilitas sudah cukup memadai seperti WC. Terdapat juga beberapa warung yang menyediakan makanan ringan dan minuman (gak ada Indoma*t ya…) hehe.

6. Telaga Madirda

Telaga Madirda via www.kalamat.me

Dari kota Surakarta Jawa Tengah, kita menuju ke timur sejauh 21 km. Tepatnya di Kabupaten Karanganyar, wisata apa yang kalian ketahui di Karanganyar? Tawangmangu? Candi Ceto? Candi Sukuh? Ada Telaga Madirda. Telaga Madirda adalah telaga tepatnya di dusun Tlogo, kecamatan Ngargoyoso, kabupaten Karanganyar. Telaga yang dikelilingi bukit-bukit hijau menambah sejuk dan tenang pikiran ketika berada disana.

Luas Telaga Madirda sekitar 1000 m2 dikelilingi bukit seluas 3000m2. Di sekitar Telaga Madirda banyak rumah warga yang menambah khas kearifan lokal yang ada. Hutan yang rimbun bukit nan hijau dan telaga yang jernih hingga ikan dan ular tumbuhan dalam air terlihat dengan jelas.

Oh ya, di Telaga Madirda juga sering digunakan oleh umat Hindu untuk upacara melasti yaitu upacara menyucikan diri degan air atau tirta. Rute untuk mencapai telaga Madirda cukup sulit karena jalan yang ekstrim dan belum ada penunjuk arah. Utamakan GPS (Gunakan Penduduk Setempat).

7. Pantai Bama

Pantai Bama via nusantaratrip.com

Menuju timur jauh ujung pulau Jawa, Situbondo, tepatnya di Taman Nasional Baluran. Baluran menyediakan banyak spot untuk dikunjungi mulai dari gunung, savanna, hingga pantai lengkap di Baluran. Secara geografis, Taman Nasional Baluran terletak di kabupaten Situbondo dan kabupaten Banyuwangi. Karena letaknya di ujung timur pulau jawa, dan berbatasan langsung denga selat Bali, Taman Nasional Baluran mempunyai pantai pasir putih yang indah dan masih tergolong sepi yaitu Pantai Bama. Daya tarik utama Pantai Bama adalah memang di pantai ini masih sepi dan disekeliling pantai terdapat hutan yang masih liar.

Kalian bisa bertemu dengan gerombolan monyet dan berbagai macam burung. Ini tak ayal karena terletak di Taman Nasional Baluran yang dilindungi. Pantai Bama menyuguhkan pemandangan indah pantai dan bawah laut. Jika kalian hobi snorkeling, Pantai Bama menyediakan pemandangan bawah laut yang indah, pantas untuk kalian coba.

Jangan khawatir jika kamu lupa membawa peralatan, di Pantai Bama juga menyediakan perlatan snorkeling maupun alat selam. Keindahan Pantai Bama juga semakin lengkap karena di Pantai Bama merupakan tempat favorit untuk menikmati sunset.

Tertarik untuk mengunjunginya? Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *