9 Tips Menentukan Souvenir Pernikahan yang Unforgetable!

Setiap tahun pasti ada saja pasangan yang melangsungkan pernikahan. Pernikahan menjadi suatu hal yang paling dinanti-nantikan bagi pasangan yang telah menjalin hubungan dan ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih serius. Peristiwa penting ini selalu memerlukan persiapan yang matang sehingga perlu dilakukan jauh hari sebelum hari H.

Jasa wedding organizer sangat membantu bagi kamu yang sibuk dengan pekerjaan. Namun, dalam pemilihan serba-serbi acara pernikahan, tentu kamu harus terjun langsung. Bagi perempuan, hal-hal kecil terkait pernikahan seperti persiapan konsumsi, dekorasi ruangan, bahkan souvenir pernikahan merupakan hal yang penting untuk dipertimbangkan. Sebisa mungkin souvenir tersebut haruslah sesuatu yang unik dan disenangi karena menjadi kenang-kenangan bagi para undangan.

Masih bingung dan kesulitan mencari jenis souvenir ? Beberapa tips di bawah ini bisa jadi pertimbangan kamu agar souvenir ini berkesan bagi para undangan.

1. Benda yang Memiliki Kegunaan dan Bisa Dipakai Berulang Kali

Mug pernikahan via muggom.com

Souvenir semacam ini dijamin bakal memuaskan para undangan kamu. Gimana enggak, benda yang dikasih bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Karena sering digunakan, pasti mereka akan selalu ingat dengan momen pernikahanmu!

Ada beberapa contoh souvenir jenis ini, seperti alat tulis yang bisa dipakai untuk urusan kantor atau payung mini yang kecil, simpel, dan praktis dibawa ke mana-mana. Selain itu, kamu juga bisa memberi mug atau kipas tangan yang bakalan berguna ketika merasa kepanasan. Yang penting, kamu harus pastikan semua jenis souvenir ini didesain secara simpel dan ukurannya nggak menghabiskan ruang di tas.

2. Benda yang Bisa Dipajang di Dinding Maupun Diletakkan di Meja

Bingkai foto via http://idfurnitures.com

Suatu kebanggan dong kalau souvenir pernikahan kamu dipajang di rumah para undangan? Ketika kamu berkunjung nanti ke rumahnya, kamu bisa sekalian bernostalgia dengan hari pernikahanmu. Bayangkan jika mereka memajangnya di ruang tamu. Uh, bikin senyum-senyum sendiri deh!

Salah satu pilihan yang bisa digunakan adalah bingkai foto dengan ukiran nama kamu dan pasangan. Dengan desain yang elegan, undangan pasti tidak akan ragu untuk memasangnya di dinding rumah. Tidak perlu besar, kecil tapi menarik juga sudah berkesan bagi mereka lho!

3. Souvenir Unik Bin Ngegemesin Bikin Orang Bilang, “Mau Banget Deh Punya Barang Itu!”

Boneka mini via http://singotoys.blogspot.co.id

Sesuatu yang unik dan ngegemesin itu memang selalu jadi incaran bagi perempuan atau bahkan pria. Biasanya benda tersebut dijadikan sebagai koleksi pribadi dan diletakkan di kamar sebagai pemanis ruangan. Jadi, usahakan benda tersebut merupakan sesuatu yang benar-benar cantik untuk disimpan ya, guys!

Kamu bisa memilih boneka mini dengan desain yang unyu-unyu atau gantungan kunci yang berbentuk lucu. Kalau biasanya yang digandrungi adalah boneka babi berwarna pink, kali ini kamu bisa gunakan boneka Spongebob atau Minions. Pokoknya, kamu selalu bisa andalkan benda yang bikin orang-orang bilang, “Aaa lucunyaaaa!” ataupun “Aku mau banget deh punya barang itu.”

4. Sesuaikan dengan Tema sehingga Undangan Terkesan

Kipas ungu nan elegan http://jogjawedding.net

Souvenir yang disesuaikan dengan tema pernikahan merupakan suatu terobosan bagi kamu yang memang ingin membuat acara pernikahan terasa serasi. Untuk jenis, mungkin bisa disesuaikan dengan selera kamu guys, tapi tetep disesuaiin dengan tema yang diusung dalam pesta pernikahannya ya.

Bagi sebagian besar orang, tema warna dalam pernikahan biasanya soft. Kamu bisa memilih souvenir sesuai warna tema yang kamu pakai, misalnya ungu, pink, biru. Sebagai contoh, kamu mau mengadakan pesta dengan tema berwarna ungu nan elegan. Untuk souvenir, kamu bisa menggunakan benda dengan warna ungu yang juga elegan.

5. Miniatur Wajah Pengantin Membuat Undangan akan Selalu Mengingat Momen Pernikahanmu

Miniatur pengantin via http://id.aliexpress.com

Pembuatan miniatur ini nggak mudah, butuh waktu yang lama, dan tentunya budget yang lumayan besar. Namun, hasilnya sebanding kok dengan pengorbanan yang kamu lakukan. Souvenir jenis ini cocok untuk acara resepsi dengan jumlah tamu undangan yang sedikit atau terbatas.

Bahan baku yang digunakan bisa berupa kayu karena pengerjaannya lebih mudah dan harganya lebih terjangkau. Namun, jika ingin lebih mudah lagi, kamu bisa hanya membuat gambar wajahmu dan pasangan pada souvenir. Ini tentu lebih praktis dalam pembuatannya.

6. Usahakan Menggunakan Bahan yang Awet agar Tahan Lama

Ukiran bebek berbahan kayu jati via http://www.grosirsouvenirmurah.com

Nggak mau dong kalo souvenir yang kamu kasih untuk para tamu undangan dengan sepenuh hati itu cepat rusak dan terpaksa dibuang? Nah, kita harus memperhatikan juga bahan pembuatan souvenir ya. Usahakan souvenir itu menggunakan bahan dengan kualitas yang bagus dan dibuat ditempat yang udah dipercaya.

Bahan yang bisa digunakan, misalnya kayu jenis jati, bahan kain flanel yang awet, atau keramik dengan mutu yang terjamin. Kamu bisa pesan di tempat pembuatan souvenir yang sudah terbukti baik dalam segi kualitas bahan dan pengerjaannya. Jadi, kamu bisa puas dengan hasilnya!

7. Souvenir yang Bersifat Etnik Patut Dicoba Nih!

Miniatur wayang via http://www.suryoart.com

Sebagai generasi yang cinta budaya, souvenir yang memiliki unsur kebudayaan bisa juga dipakai buat acara sakral kamu. Selain melestarikan budaya, kamu bisa sekalian mengenalkan suatu kesenian yang unik dari suatu daerah. Kamu bisa menambahkan sentuhan modern bagi souvenir-mu, tentunya dengan beberapa modifikasi yang dibuat.

8. Unik, Murah, Meriah, Kantong Aman, Hati pun Senang!

Tempelan kulkas bentuk kupu-kupu via http://banjarwedding.com

Siapa sih yang nggak tergiur dengan barang yang cukup unik, murah meriah, namun tidak terkesan murahan? Bagi kamu yang mengusung pernikahan dengan tema sederhana atau memiliki budget terbatas, sebaiknya harga souvenir harus diperhatikan agar tidak terjadi pemborosan.

Banyak pilihan souvenir di pasaran yang saat ini menawarkan harga miring. Bahkan, jika kamu bisa pintar-pintar dalam memilih, kamu bisa menawar harga. Biasanya pemesanan dalam jumlah banyak sudah pasti akan mendapatkan potongan harga spesial bagi pemesan.

9. Tanaman Hidup? Mini, Cantik, Bisa Dipajang, Sekaligus Dipelihara

Tanaman hias mini http://id.aliexpress.com

Kini banyak dijual tanaman hias hidroponik yang bisa kamu temukan secara mudah. Tanaman ini biasanya berbentuk kecil dan unik. Banyak pilihan tanaman yang bisa dijadikan rekomendasi.

Bagi kamu yang kurang telaten dalam memelihara tanaman, jangan khawatir karena tanaman ini mudah dipelihata. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kaktus mini dengan keberagaman warna bunganya yang menawarkan banyak pilihan bagi kamu.

Nah, gimana guys? Nggak bingung lagi, kan, pilih-pilih souvenir yang apik untuk acara pernikahan kamu? Memang sih souvenir ini benda yang kecil, tetapi kesannya akan membekas bagi para tamu undangan. Jadi pastikan pemilihannya tepat dan sesuai dengan selera atau keinginan tamu undangan.

Sebaiknya pemilihan souvenir ini didiskusikan juga dengan pasangan kamu ya, guys! Kalau sempat, ada baiknya juga kamu survei dulu kesukaan dari tamu-tamu undangan spesialmu agar hasilnya lebih maksimal dan tidak mengecewakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *