Cooking for Dummies! Resep Makan Sederhana yang Bikin Kamu Dikira Pintar Masak

Kalau sedang berkelana di akun-akun instagram atau blog yang sering mengunggah soal makan rasanya kepengen banget bisa masak. Apalagi hasil jepretan para food blogger itu benar-benar menerbitkan selera makan. Tapi, apa daya selama ini tangan kamu jarang banget diajak untuk mengolah bahan makanan. Boro-boro masak, jahe sama kunyit aja masih sering keliru.

Tapi kok ini tiba-tiba temen SMA ngajakin reunian sambil masak-masak bareng sih. Ketauan donk nggak bisa masaknya. Bisa malu nanti sama gebetan abadi kalo ternyata kamu nggak bisa masak ntar dikira bukan istri idaman.

Nah, artikel kali ini mencoba mengulik berbagai resep menu makan sederhana yang bisa bikin kamu dikira pintar masak. Sebetulnya, memasak makan western jauh lebih gampang karena varian bumbunya tidak seribet masakan Indonesia. Dengan beberapa menu masakan western yang cara mengolahnya sederhana, pemalas sekalipun dijamin bisa masak!

1. Spaghetti Aglio Olio: Pasta Sederhana dengan Rasa Luar Biasa

Aglio Olio via cookingasyik.com

Memasak spaghetti dengan bumbu bolognese itu sudah terlampau mainstream. Banyak bumbu instan keluaran merk spaghetti hingga fast food macam KFC sudah mengeluarkan menu pasta disalut bumbu tomat merah daging cincang itu.

Spaghetti Aglio Olio ini merupakan jenis masakan pasta dengan bumbu yang lebih sederhana. Secara harafiah, jenis masakan ini terdiri dari bawang putih (aglio) dan minyak olive (olio). Tuh kan simpel banget karena hanya butuh dua bahan bumbu utama.

Bila terlalu polos, kita bisa menambahkan bahan lain seperti irisan daging asap (smoked beef) atau udang. Bila kamu pencinta pedas, menu pasta ini juga dicocok ditambah dengan irisan cabe rawit sebagai penggugah selera. Hmmm Yummy. Sebagai pemanis, taburkan parutan keju di atas spageti yang baru saja matang untuk menambahkan cita rasa.

2. Pizza Untuk Para Pemalas

Bikin Pizza Mudah via cookingasyik.com

“Kamu mau masak apa buat acara besok?”
“Pizza,”
“Seriusan? Pizza? Pizza makanan italia yang lebar bundar kayak roda itu?”
“Yup”

Bisa kebayang donk wajah teman-teman yang lain kalo kamu bakal memasakkan pizza. Masakan italia yang terdiri dari keju, irisan daging dan sayur diatas roti pipih bulat. Mengikuti resep dari cookingasyik dot com kita akan membuat pizza sederhana untuk para pemalas, seperti judulnya.

Pizza yang akan disajikan tentunya jenis yang mudah buat. Kunci keberhasilan untuk memasak makanan Itali ini yaitu memasakan bagian rotinya. Untuk itu, kamu perlu telaten dalam membuat adonan rotinya. Setelah adonan roti berhasil dibuat, kita tinggal memasukkan bahan-bahan kesukaan kita. Sebetulnya ada trik satu lagi mengakali jenis menu pizza ini. Bila merasa gagal membuat adonan rotinya yang enak, kadang kala di supermarket besar menjual adonan pizza (dough) yang sudah jadi. Tinggal beli dough itu kita dapat mengolahnya dengan lebih gampang. Hihihi

Taburkan bahan kesukaan kita seperti daging cincang atau smoked beef, jamur, paprika di atas adonan tadi. Keju yang buat digunakan untuk membuat keju mozarella yang gampang meleleh. Namun, kadang kala harga keju mozzarella terlalu mencekik di kantong. Untuk itu bisa kita akali dengan membeli keju olahan quick melt yang banyak dijual di supermarket.

Tuh kan’, ternyata bukan mustahil buat kamu untuk memasakkan pizza.

3. Baked Potates Wedges: Menu Favorit Semua Orang

Potatoes Wedges  via cookingasyik.com

Satu lagi nih menu makan yang gampang untuk diolah: kentang! Masakan Indonesia maupun masakan barat selalu menyajikan kentang sebagai menu masakannya. Bila di Indonesia kentang biasa jadi makanan pendamping, untuk masakan barat kentang justru jadi makanan pokok seperti halnya nasi.

Salah satu menu favorit semua orang pencinta kentang ialah Baked Potates Wedges. Menu super gampang ini bisa kamu masak dengan mata tertutup. Sangat cocok untuk pemula.

Potong kentang dalam ukuran besar. Balur potongan kentang itu dengan bahan-bahan seperti Olive Oil, garam secukupnya, merica (sesuai selera), oregano dan cacahan daun basil untuk penyedap. Lalu tinggal masukkan ke dalam oven dengan suhu 200 derajat, panggang selama 35 menit. Beres!

4. Chichken Wings or Angel Wings?

Chicken Wings via justtryandtaste.com

Menu sayap ayam sangat populer di negara barat sebagai camilan. Di Indonesia sendiri sekarang sudah mulai banyak restoran yang menjual menu sayap ayam dengan bumbu sedap dengan variasi rasa. Chicken Wings pas banget disantap saat acara nobar atau hangout seru-seruan sama teman.

Tenang. Enggak perlu buru-buru untuk memesan chicken wings di restoran cepat saji. Resep ini memberikan cara pengolahan sayap ayam dengan bumbu-bumbu yang gampang.

Nggak perlu pusing-pusing untuk mengolah bumbu. Campurkan saja potongan sayap dengan saos sambal dan saos tomat, tambahkan garam dan merica, berikan sedikit perasan air lemon akan memberikan sensasi rasa asam dan manis sekaligus. Supaya nggak gampang melempem, goreng sayap ayam ini dengan suhu minyak yang tinggi. Tentunya, rasa ayam akan menjadi garing dan renyah—tak kalah dari menu yang ada di restoran cepat saji!

5. Chocolate Lava Cake: Rasakan Surga Meleleh di Mulutmu

Cokelat Rasa Surga via pbs.org

Kali ini resep mudah untuk menu dessert. Setelah tadi kita menjajal menu ‘makanan berat’, saatnya memasak makan pencuci mulut. Eiits, jangan langsung bilang nggak bisa dulu. Resep Chocolate Lava Cake ini termasuk menu yang mudah untuk diolah. Bahan-bahannya pun mudah untuk didapatkan.

Memasak cake ini tak perlu rumit. Kita tak usah susah-susah menguleni adonan. Hanya tinggal mencampur semua bahan, terutama lelehan cokelat hitam yang lezat itu dengan tepung terigu, baking powder, mentega tawar, gula dan garam secukupnya. Aduk hingga rata. Tuang adonan tadi ke dalam loyang yang kemudian dipanaskan ke dalam oven. Simpel kan’?

Chocolate Lava Cake ini enak disajikan saat masih panas karena lelehan dark chocolate itu bakal teras seperti surga di mulut kita. Cake ini sedap juga lho disajikan bersama dengan es krim vanila atau tambahkan irisan buah di atasnya. Sluuurrp.

6. Lemon Ginger Honey

Segarnya Lemon via cookingasyik.com

  • “Appetizer “
  • “Side Dish”
  • “Main Course ”
  • “Dessert
  • “Beverage?”

Sajian makanan sudah kita olah, bahkan termasuk dessert. Apa nih yang masih kurang? Tentunya sajian makanan itu bakal terasa kurang kalo tidak ada minuman pendampingnya yang segar.

Menu minuman lemon jahe ini cocok untuk untuk cuaca pancaroba begini. Kadang panas, kadang hujan. Lemon memiliki kandungan vitamin c yang tinggi sehingga berkhasiat menyehatkan badan supaya tidak gampang sakit. Sementara itu jahe sangat baik untuk menghangatkan perut dan mengurangi gas dalam lambung. Untuk rasa manis sebaiknya menggunakan madu karena lebih sehat dan tidak membuat tenggorokkan gatal.

Bahan untuk minuman ini terdiri dari buah lemon yang diperas lalu dicampurkan dengan geprekan jahe. Tambahkan madu sesuai dengan selera. Bisa disajikan dalam keadaan panas atau dingin sesuai selera. Minuman ini sangat menyegarkan untuk cuaca panas di siang hari. Tapi, juga bisa menghangat di malam hari.

See, masak itu nggak selama ribet dan susah. Keenam resep tadi membuktikan bahwa nggak perlu jadi jago masak untuk menghasilkan sajian makanan yang sedap. Menu-menu tadi pas disajikan untuk acara kumpul bareng teman-teman. Dijamin deh dengan menu-menu tadi predikat jagoan masak pasti langsung melekat di kamu. Dan semoga gebetan abadi langsung keplek-keplek sama masakanmu. Happy cooking, folks!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *