Makanan Khas ini Wajib Kamu Coba Ketika Sedang Berada di Kabupaten Banyumas

Banyumas merupakan salah satu kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Kabupaten ini terletak berbatasan dengan Kabupaten Brebes dan Cilacap. Letaknya yang dekat dengan lereng gunung Slamet, membuat udaranya sejuk dan asri. Beberapa tempat wisata terkenal yang dimiliki, seperti Baturaden dan museum Jenderal Soedirman. Cocok sekali bagi kamu yang ingin menghabiskan waktu liburan di provinsi Jawa Tengah.

Wilayah yang terkenal dengan logat jawa ngapaknya ini, juga memiliki makanan khas yang patut kamu coba ketika kebetulan berada di Kabupaten Banyumas. Selain bisa kamu nikmati sendiri, bisa juga kamu jadikan buah tangan untuk keluarga, kerabat atau teman kantor.

1. Menikmati Tempe Mendoan Sambil Ditemani Secangkir Teh

Mendoan via mendoan.co.id

Pamor tempe mendoan sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Baik orang kota besar maupun yang memang asli Banyumas, menyukai makanan dengan bahan dasar kacang kedelai yang difermentasi ini.

Mendoan sendiri terbuat dari tempe bertekstur lebih lebar, tipis dan lembek. Sepintas hampir sama seperti tempe-tempe pada umumnya. Yang menjadi istimewa adalah adonan yang membalut tempe. Adonan mendoan terbuat dari tepung terigu yang dibumbui bawang putih, garam serta merica.

Mendoan lebih nikmat disajikan selagi masih hangat. Kamu bisa jadikan mendoan sebagai lauk yang dimakan bersama nasi, atau bisa juga dimakan langsung saja dengan cabe rawit mentah.

Sekarang ini sudah banyak varian mendoan yang dikembangkan, seperti mendoan isi telur, mendoan pedas dan mendoan keju. Meskipun penjual mendoan sudah banyak tersebar di kota-kota besar, kamu masih harus mencoba mendoan dari tempat asalnya. Rasa dan suasananya pasti beda. Dan itu yang membuat mendoan Banyumas lebih istimewa dari mendoan-mendoan di kota lain. Dijamin kamu bakal ketagihan.

2. Gurihnya Soto Sokaraja

Soto Sokaraja via harianresep.blogspot.com

Kamu penggila Soto? Kalau iya, maka soto yang satu ini layak kamu coba. Soto Sokaraja atau orang Banyumas juga sering menyebut Sroto Sokaraja, adalah salah satu varian makanan soto yang berasal dari Sokaraja, salah satu kecamatan di Kabupaten Banyumas.

Sama seperti soto-soto lainnya, Soto Sokaraja pun disajikan dengan kuah, sayur-sayuran, suwiran daging dan kerupuk. Yang membuat khas dan beda dari soto-soto lain di nusantara adalah dimasukannya ketupat sebagai pengganti nasi. Selain itu, sambal yang digunakan dalam Soto Sokaraja adalah sambal kacang. Perpaduan kuah yang nikmat dengan sambal kacang yang kental. Tidak heran kalau rasa soto yang satu ini gurih dan maknyus banget.

Untuk menemukan soto ini bukanlah hal yang sulit. Banyak sekali penjual soto Sokaraja di setiap kecamatan yang ada di Banyumas. Mulai dari warung kecil sampai restoran mewah. Harganya pun bervariasi, tergantung dari mewahnya tempat. Tapi masih dapat terjangkau kantong kamu, kok.

3. Sempatkan Membeli Gethuk Goreng Sebagai Oleh-Oleh Untuk Orang Rumah

Gethuk Goreng via harianresep.blogspot.com

Satu lagi yang khas dari Kecamatan Sokaraja, Gethuk Goreng. Makanan atau jajanan ini terbuat dari singkong dan rasanya manis.

Proses pembuatan Gethuk Goreng sendiri cukup mudah. Singkong yang sebelumnya dikupas kulitnya, direbus hingga teksturnya menjadi lembut. Lalu, singkong ditumbuk sambil dicampur dengan gula Jawa. Sementara itu, kamu juga harus menyiapkan adonan tepung pembungkusnya. Adonan tepung ini terbuat dari tepung terigu, tepung beras dan juga sedikit garam. Setelah adonan singkong dan gula tercampur, ambilah sedikit adonan singkong, baluri dengan adonan tepung dan lalu digoreng dengan minyak panas. Angkat, tiriskan, dan gethuk goreng siap dihidangkan.

Gethuk Goreng cocok untuk dinikmati sore hari sambil berbincang dengan sanak saudara. Atau buat kamu yang ingin membeli oleh-oleh khas Banyumas, Gethuk Goreng ini adalah salah satu pilihan yang paling tepat. Dijamin keluarga dan teman-temanmu akan suka.

4. Sate Bebek Tambak yang Memikat

Sate Bebek Tambak via kompastravelfair.com

Siapa yang tidak suka sate? Makanan asli Indonesia yang sudah diakui kelezatannya oleh dunia. Bahkan presiden AS Barrack Obama saja suka. Nah, kalau kamu salah satu pecinta sate, maka wajib hukumnya untuk mencicipi sate yang satu ini.

Sate Bebek Tambak mulanya berasal dari Kecamatan Tambak, salah satu kecamatan di Kabupaten Banyumas. Namun jangan khawatir, sekarang sudah sangat mudah menemukan kudapan lezat ini di sepanjang jalan kota Purwokerto menuju Yogyakarta. Mulai dari warung kecil pinggir jalan, sampai restoran untuk kalangan menengah ke atas.

Daging bebek yang lembut dengan sambal pedas manis dijamin membuat kamu ketagihan. Daging bebek yang dipilih tidak sembarangan. Harus bebek yang masih muda karena apabila memilih bebek yang sudah tua, dagingnya akan terasa alot.

Kamu juga bisa memilih sambal pendamping sate sesuai dengan selera. Ada sambal kecap dengan irisan cabai dan bawang merah. Ada juga sambal kacang yang kental. Keduanya sama-sama enak, kok.

Sate ini nikmat sekali kalau dimakan bersama nasi hangat dan lontong. Atau, kamu mau makan langsung? Monggo! 

5. Jenang Jaket Mersi, Camilan Lezat yang juga Cocok Sebagai Oleh-Oleh

Jenang Jaket via purwokertokita.com

Mersi adalah nama dari salah satu kelurahan di kecamatan Purwokerto, Banyumas. Mersi sendiri sudah terkenal dengan jenang jaketnya. Tapi tunggu dulu, kamu pernah mendengar makanan bernama jenang? Jenang adalah sejenis makanan berbahan dasar gula, tepung ketan dan santan kelapa. Barangkali sepintas sama dengan dodol, hanya saja teksturnya sedikit lebih kenyal.

Jenang jaket sendiri adalah camilan khas Banyumas yang jarang ditemui di kota-kota lain. Makanan ini senantiasa ditemukan pada acara hajatan warga. Bahkan sebagian banyak warga Banyumas menganggap bahwa hajatan tidaklah afdol kalau tidak ada jenangnya. Ya, jenang adalah primadonanya warga Banyumas.

Lalu, kenapa dinamakan Jenang Jaket? Tidak ada hubungannya dengan definisi jaket yang kamu tahu selama ini. Jaket di sini adalah singkatan dari ‘Jenang Ketan’. Unik ya? Selain Gethuk Goreng, Jenang Jaket juga cocok sebagai oleh-oleh kalau kamu mengunjungi Kabupaten Banyumas.

6. Masih Perlu Referensi Oleh-Oleh? Ada Kue Nopia!

Kue Nopia via ceritaperut.com

Camilan oleh-oleh yang satu ini barangkali masih terdengar asing bagi sebagian banyak masyarakat, bahkan untuk masyarakat Banyumas sekalipun. Kue Nopia merupakan penganan ringan berbentuk bulat lonjong, menyerupai telur dan berwarna putih.

Makanan asli Banyumas ini memiliki tekstur yang keras pada bagian permukaan, namun memiliki isi yang lunak. Isi kue ini pun mempunyai rasa yang beragam, diantaranya rasa manis gula Jawa, cokelat, dan durian. Cocok sekali untuk camilan sambil ngobrol dengan keluarga.

Selain untuk camilan santai di rumah, kue nopia juga sering disajikan untuk menjamu tamu dalam suatu acara besar seperti hajatan, arisan, rapat, maupun perayaan hari besar. Kalau kamu berkunjung ke Banyumas, sempatkan untuk membeli makanan khas yang satu ini. Sensasi kulit yang keras dengan isi yang lunak dijamin membuat kamu ketagihan. Satu lagi rekomendasi oleh-oleh dari Banyumas.

Itu lah beberapa makanan khas yang bisa kamu dapat di Kabupaten Banyumas. Sempatkan cicipi semuanya dan rasakan sensasi nikmatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *