Mau Cantik Alami? Ini Loh Bahan Alam yang Berkhasiat dan Menghemat Isi Dompet

Cantik alami? Wanita mana sih yang gak ingin punya wajah cantik, kulit mulus, bibir merah merona, dan rambut tergerai indah! Dimana membuat mata para lelaki tak kuasa untuk mengagumi keindahan seorang wanita.

Produsen kosmetik dan pusat perawatan kecantikan pun kini semakin berlomba, bersaing untuk mempercantik pelanggannya. Tak heran kalau produk kosmetik pun semakin banyak macamnya. Dan wanita kini semakin dibingungkan dengan pilihan kosmetik yang beragam jenisnya.

Tetapi kamu harus tetap waspada ladies! Kamu harus lebih hati-hati lagi dalam menentukan produk kosmetik atau pusat kecantikan yang terbaik untuk tubuh kamu. Karena bila gegabah, tubuh kamu yang akan menjadi taruhannya! Wah, serem juga ya! 

Daripada bingung memilih kosmetik, ada baiknya kamu mencoba untuk menggunakan bahan-bahan alami untuk mempercantik diri. Selain bisa lebih menghemat isi dompet kamu, kemungkinan masuknya zat kimia yang berbahaya untuk tubuh kamu juga berkurang lho! Well, cari tau yuk, bahan apa aja yang cocok untuk merawat bagian tubuh kamu!

1. Perawatan Alami Rambut Menggunakan Minyak Zaitun

Olive Oil via www.naturallycurly.com

Rambut kamu sering di-curly atau rebonding atau coloring mungkin? Hati-hati lho ladies! Karena itu semua bisa merusak rambut bahkan akar rambut kamu! Duh, gak mau kan punya rambut yang rontok parah, bercabang bahkan kering dan kusam! Oh, no! Jangan sampe ya!

Rambut yang mengalami kerusakan ada baiknya dirawat secara alami. Yap! Minyak zaitun! Minyak zaitun adalah pilihan tepat untuk mengembalikan rambut yang sudah rusak. Minyak zaitun mengandung vitamin A, E, dan C. Kandungan vitamin tersebut dapat menutrisi rambut yang kering, bercabang, dan rontok.

Perawatan rambut rusak dengan menggunakan minyak zaitun, caranya dengan menjadikan minyak zaitun sebagai masker. Gunakan masker minyak zaitun tersebut setelah keramas ketika rambut setengah kering. Pada saat menggunakan masker minyak zaitun sertai pijatan-pijatan kecil selama 10 hingga 15 menit lalu bilas hingga bersih. Masker minyak zaitun tersebut dipakai secara rutin ya. Dijamin, perlahan rambut kamu yang rusak akan kembali sehat!

2. Mengatasi Jerawat dengan Masker Berbahan Mentimun, Oat, Lemon, dan Madu

Oat Base Mask via www.dabblesandbabbles.com

Jerawat? Gak banget! Siapa yang gak jengkel bila kulit wajahnya berjerawat? Terlebih bagi wanita, jerawat menjadi masalah kulit yang serius. Hihi! Secara, dipercaya bisa mengurangi nilai estetika dari wajah para ladies.

Bukan hanya menimbulkan rasa sakit dan menurunkan kepercayaan diri, jerawat juga dapat meninggalkan bekas noda. Apabila kosmetik berbahan kimia tak lagi mampu mengatasi jerawat atau malah memperparah, tak ada salahnya bukan mencoba bahan alami yang kandungannya berkhasiat menghentikan pertumbuhan jerawat. Ya kan ladies!

Bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi jerawat yang paling sederhana adalah dengan mengompreskan es batu pada bagian kulit yang berjerawat. Tetapi, ada lagi bahan alami yang dapat dijadikan masker untuk mengatasi jerawat yaitu oat, lemon, dan madu. Caranya, campurkan setengah batang mentimun dengan dua sendok makan oat, perasan setengah buah jeruk lemon, dan satu sendok makan madu. Pakai masker tersebut pada malam hari selama 15 hingga 20 menit.

Penasaran dengan hasilnya? Silahkan mencoba masker wajah yang satu ini ya ladies!

3. Menggunakan Madu Murni Sebagai Bahan Perawatan Kulit

Honey via www.ingodseconomy.com

Siapa sih yang gak kenal madu! Si manis nan segar yang ternyata mempunyai segudang manfaat!

Si manis yang bernama madu ini, tak diragukan lagi khasiatnya. Selain dapat memberikan energi pada tubuh, madu pun dapat mempercantik kulit kamu lho ladies! Madu mengandung zat bermanfaat seperti vitamin B kompleks, vitamin C, dekstrin, pigmen tumbuhan, asam amino, senyawa ester, dan senyawa aromatik.

Zat-zat yang yang terkandung dalam madu tersebut, selain berkhasiat mencegah penuaan dini, juga sebagai pembersih dan pelembab pada bagian bibir, rambut, dan kuku. Untuk kulit wajah, madu dapat dibuat menjadi masker yakni dengan cara mencampurkannya dengan sebutir telur. Campuran tersebut dioleskan ke area wajah dan didiamkan selama tiga puluh menit. Asli! dijamin kulit wajah kamu akan menjadi lebih kencang dan kenyal!

Selain itu, ternyata madu dapat digunakan sebagai ramuan perawatan kuku. Ramuan tersebut dapat dibuat dengan mencampurkan dua sendok makan madu dengan air perasan satu buah jeruk nipis atau lemon. Ramuan ini digunakan untuk meijat-mijat permukaan kulit, jari-jari serta kuku. Diamkan selama tiga puluh menit lalu cuci dengan air hangat.

4. Mencerahkan Kulit dengan Scrub Buah

Papaya Scrub via www.henryhappened.com

Sudah pernah mendengar atau memakai scrub buah ladiesScrub buah yang satu ini memang sudah banyak kamu temukan di pasaran. Bahkan pusat perawatan kecantikan pun juga gak sedikit yang memanfaatkan scrub ini untuk mempercantik pelanggannya.

Namun, gak ada salahnya donk kalau kamu mencoba membuat scrub buah sendiri? Selain bisa lebih menghemat isi dompet, juga bisa memperkecil kemungkinan scrub yang kamu pakai telah tercampur dengan zat kimia.

Kandungan vitamin dalam buah sangat berguna untuk merawat kecantikan bahkan mempercerah kulit. Beberapa buah yang diketahui mampu menambah tingkat kecerahan kulit di antaranya:

  • Avokad, mengandung vitamin A dan C dan mempu mencegah penuaan dini. Gunakan avokad sebagai masker dan sudah dicampur dengan satu sendok makan madu dan satu buah kuning telur.
  • Pepaya, dikenal sebagai buah tropis yang kaya akan enzim dan kandungan enzim tersebut mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan mencerahkan kulit kusam. Bahkan kandungan enzim dan vitamin A dalam pepaya dapat mengatasi kulit pecah-pecah pada tumit. Caranya, lumatkan buah pepaya yang sudah dihaluskan ke bagian tumit lalu gunakan secara rutin agar kulit tumit semakin halus.
  • Nanas, satu lagi buah tropis yang dipercaya mampu menghaluskan dan mencerahkan kulit karena mengandung enzim bromelin. Selain itu, nanas pun mengandung vitamin A dan C yang berfungsi sebagai antioksidan. Scrub buah nanas dapat dibuat dengan mencampurkan 4 sendok makan nanas yang sudah dihaluskan dengan 3 sendok gula. Ratakan bahan tersebut pada seluruh kulit tubuh lalu bilas dengan air.

 

5. Racikan Susu Sebagai Bahan Serbaguna Perawatan Tubuh

Milk via www.health.liputan6.com

Susu? Wow! Ternyata selain bisa diminum, juga bisa untuk mencerahkan dan menghaluskan kulit kamu lho!

Siapa pun percaya bahwa susu adalah bahan alami yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Susu pun dipercaya mampu menambah kecantikan kulit karena berbagai zat yang terkandung di dalamnya. Cara yang paling banyak digunakan untuk mendapatkan manfaat dari susu adalah mandi susu. Selain itu, manfaat susu untuk kecantikan tersebut bisa diperoleh dengan menjadikan susu sebagai scrub, masker susu, pengecil pori, dan obat luka.

Membuat scrub susu sangat mudah, yaitu dengan memasukkan empat gelas susu murni tanpa lemak ke dalam air yang sudah mendidih lalu tambahkan garam ke dalamnya. Tunggu hingga 20 menit lalu ambil bagian yang mengambang di atasnya. Lapisan inilah yang digunakan sebagai scrub. Cara lain membuat scrub susu adalah dengan mencampurkan air perasan lemon dengan dua sendok makan susu bubuk.

Sebagai masker susu bubuk dapat dicampurkan dengan setengah sendok teh madu dan setengah sendok air jeruk lemon. Usapkan bahan tersebut ke wajah, diamkan selama lima belas menit lalu basuh dengan air hangat.

Yogurt sebagai bahan olahan susu juga dapat berguna sebagai pengecil pori. Gimana sih caranya? Caranya mudah ladies! Kamu cukup membasuhkan yogurt ke wajah dan leher kamu, lalu membilasnya hingga bersih. Susu yogurt yang berbentuk butter atau krim dapat menjadi obat luka. Yakni hanya dengan membasuhkannya ke bagian kulit yang sedang iritasi dan biarkan hingga mengering.

Lumayan unik ya! Bisa nih kamu coba sendiri ladies!

6. Memelihara Kelembutan Kulit Menggunakan Beras Ketan

 

Sticky Rice via www.blog.tokopedia.com

Beras ketan gak melulu untuk dimakan lho! Beras ketan ternyata juga dipercaya sebagai bahan yang tepat digunakan untuk merawat kelembutan kulit tanpa mengeluarkan banyak biaya.

Caranya gak susah kok. Kamu cukup mencuci terlebih dahulu beras ketan lalu tiriskan. Masukkan beras ketan yang telah dicuci tersebut ke dalam kain berbahan satin. Tumbuk beras ketan dalam kain tersebut secara perlahan hingga lembut, kemudian celupkan ke dalam air hangat. Diamkan beras ketan yang sudah halus itu selama beberapa menit hingga terlihat menjadi susu. Usapkan kantong berisi beras ketan tersebut ke seluruh kulit wajah secara merata, kemudian diamkan selama dua menit lalu bilas hingga bersih.

Well, kalau mau cantik ternyata gak harus ribet dan merogoh kocek kamu dalam-dalam kan ladies? Banyak bahan alami yang berguna untuk merawat kecantikan. Tubuh sehat, pengeluaran pun hemat! So, buat apa berpikir dua kali untuk mencobanya! Yuk siapin bahannya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *