Pesona Keindahan Bukit Pentulu Indah yang Perlu Kamu Ketahui!

“Pimm… Pimm… Pimm… Jalan dong, woy!” suara kelakson diiringi ceracau ketidak-sabaran dan keputus-asaan mengudara sepanjang hari, barisan motor dan mobil yang mengular, udara gerah, sumpek parah, hingga tua dijalanan. Gambaran sederhana mengenai penanya jalanan dikota-kota besar yang padat. Kepadatan dan hiruk-pikuk masyarakat kota. Tingkat stress masyarakat yang tinggi mengindikasikan bahwa orang kota itu pada dasarnya memang kurang piknik, dalam artian sebenarnya. Sepertinya enak bila mencari udara terbuka yang fresh dan pemandangan indah yang menyegarkan mata.

Saatnya berkemas, tinggalkan sejenak hiruk-pikuk kota dan set destinasi ke Kabupaten Kebumen Provinsi Jawa Tengah. Dengan karunia sumber daya alam yang bisa dibilang masih segar, karena masih banyak wisata alam yang belum ter-explore. Misalnya Pantai Menganti, Pantai Sawangan, Pantai Grojogan, Jembangan View, Bukit Langit, Bukit Nogosari di Karangduwur, Curug Silangit, Curug Sudimoro, Bukit Pentulu Indah di Karangsambung, atau masyarakat sekitar menyebutnya Bukit PI. Tambahan informasi, hampir kebanyakan wisata alam di Kabupaten Kebumen masih tergolong dengan murah. Karena dengan budget terbatas kita bisa berwisata alam di Kebumen.

Banyak juga wisata alam di Kabupaten Kebumen. Tapi kita tidak untuk membahas semuanya disini, bukan karena keterbatasan redaksional dan informasi. Kita akan menegakkan kebiasaan membaca lagi, bukan lagi untuk meng-highlight. LOL

Bukit Pentulu Indah (PI) di Karangsambung sedang nge-trend dari pertengahan tahun 2015 hingga destinasi menyambut malam tahun baru 2016 tempo hari, menurut info yang beredar dikalangan traveler lokal. Bukit PI adalah wisata alam yang terletak di Desa Hepii Kecamatan Karangsambung Kabupaten Kebumen. Yep, desanya bernama Desa Hepii huruf ‘i’-nya ada dua, itu benar adanya dan tidak ada kesalahan penulisan atau salah lihat.

Wisata alam Pentulu Indah Desa Hepii (‘i’-nya beneran ada dua) Karangsambung. gambar via explorekebumen.com

Selain itu, di Kabupaten Karangsambung juga menawarkan cideramata berupa batu. Biangnya akik, bisa bawa banyak oleh-oleh dari bongkahan batu sampai cincin bermata akik khas dari Karangsambung. Berdasarkan sumber LIPI Karangsambung, batuan di Karangsambung memiliki keunikan tersendiri bahkan hanya berada dikawasan Karangsambung saja. Hal tersebut dipengaruhi proses alami geologi dari jaman prasejarah, yang mana penulis tidak mengetahui secara mendetail.

Akses ke lokasi cukup mudah. Bisa menggunakan motor, mobil, bus carteran, atau bahkan angkutan umum bisa mengantarkan kita ke Bukit PI. Secara garis besar rutenya bisa berangkat dari Stasiun Kebumen atau terminal Kebumen ikut angkutan umum menuju Pasar Mertakanda (baca: Pasar Mertokondo) untuk sekedar sarapan Nasi Penggel berupa nasi yang dibentuk bulat, seukuran bola pingpong. Biasanya disajikan dengan wadah daun pisang yang dibentuk ‘pincuk’, dengan sayur nangka muda berbumbu gurih dan kikil yang dimasak dengan bumbu kuning, lauk pendampingnya ada tahu dan tempe mendoan. Membeli bekal atau camilan khas Kebumen yang namanya Lanthing. Cemilan gurih berwarna merah dan putih, atau lanthing kreasi dengan aneka rasa seperti manis, pedas, atau rasa bawang.

Nasi Penggel atau Sega Penggel (atas) dan Lanthing merah-putih versi original (bawah), gambar via diasporaiqbal.blogspot.co.id

Lanjut perjalanan. Hamparan petak-petak sawah akan mengiring perjalan menyusuri jalanan. Melewati Bumi Perkemanan Widoro Payung berhias pepohonan rimbun didataran atasnya. Lalu melewati LIPI Karangsambung, pusatnya informasi dan pengetahuan di Kabuaten Kebumen. Kurang lebih 1 KM lagi perjalan dari situ kita akan mencapai wisata alam Bukit PI. Lumayan lah untuk orang yang baru pertama kali kesana.

Sambutan dari pengelola dengan logat khas ngapak, diiringi senyuman menyeringai yang menyiratkan “selamat datang” sembari memberikan karcis parkir atau tiket masuk kawasan terasa renyah mulai menggerus dinding penat dan stress. Saatnya untuk hiking, sangat direkomendasikan untuk mengajak serta orang tua kita. Karena perjalanan kaki tidak terlalu ekstrim, bisa dikatan landai. Cocok untuk melakukan terapi tulang-tulang tua orang tua kita, itung-itung sebagai bakti anak ke orang tua. Ditambah udaranya yang segar akan mengisi paru-paru mereka. Tuh, tidak salah mengajak mereka berwisata, wisata yang menyehatkan dan wisata quality-time bersama orang tua.

via explorekebumen.com

Jalanan tanah dan berbatu, barisan pohon pinus, udara segar akan mengantarkan perjalanan kita menuju puncak Bukit PI. Dihimbau untuk menghemat baterai kamera atau membawa baterai kamera cadangan dikarenakan banyaknya spot, angle, moment yang siap untuk diabadikan, apalagi berfoto bersama pasangan kita. Mungkin Bukit PI juga bisa kita masukkan kedaftar tempat untuk foto pre-wedding dengan calon pendamping hidup.

Yeah! Akhirnya sampai juga di puncak bukit PI nya. Hamparan pemandangan hijaunya pepohonan, langit biru, udara yang segar dan menyegarkan bisa langsung dinikmati saat itu juga. Penat yang masih terbawa seketika sirna tersapu panorama keindahan alam Bukit PI. Stress pun ikut menghilang bersama tiap nafas yang kita hembuskan. Pikiran tenang hati pun riang! Kita juga bisa memanjat sebuah watch-tower yang dibuat pengelola untuk menikmati pemandangan dari sudut yang lebih tinggi.

Selain hijaunya pemandangan, Bukit PI juga menawarkan panorama tenggelamnya matahari diujung barat dunia atau yang lebih keren dengan nama sunset. Matahari menuruni cakrawala dengan tenang, terkadang meninggalkan gurat merah dilangit yang mulai menggelap. Tidak kalah kerennya dengan sunset-sunset ditempat lain di Indonesia. Tidak salah namanya Bukit Pentulu Indah.

via explorekebumen.com

Kini saatnya mendirikan tenda. Karena setelah sunset, panorama langit malam siap menunggu untuk dijamahi mata-mata kita. Panorama langit? Yup! Karena kita tahu kawasan Karangsambung belumlah memiliki polusi cahaya separah kawasan perkotaan. Oleh karena itu kita bisa menikmati panorama langit malam dengan taburan bintang yang menghiasi ditiap-tiap sudut mata melihat sepanjang malam dengan sepuasnya hingga tertidur.

Setelah cukup tidur, bangunlah sebelum matahari terbit, sekalian ibadah sholat subuh bagi yang menjalankan. Karena di Bukit PI juga menawarkan panorama sunrise yang tidak kalah indahnya. Siapkan tripod, kamera stand-by mode, karena kita tidak akan mau menyia-nyiakan pertunjukkan gerakan kabut pagi-pagi yang menuruni bukit seberang yang meliuk-liuk mengikuti kontur secara samar. Dua aktifitas alam secara bersamaan dipagi hari, antara kabut dan sunrise, jika keadaan memungkinkan tentunya dan sedang beruntung.

Bukit PI di Desa Hepii wajib dimasukkan dalam daftar tempat piknik kita. Karena tidak perlu diragukan lagi keindahan dan segudang pengalaman yang ditawarkan. Sedari awal perjalanan banyak hal yang diberikan, seperti sarapan nasi penggel, cemilan lanthing, cindera mata batu akik, mampi LIPI Karangsambung untuk belajar batuan, dan panorama alam yang mempesona di Bukit PI.

Tunggu apalagi manfaatkan waktu liburan, lekas berkemas lalu piknik menghindari penat dan stress diperkotaan. Baik sendiri atau mengajak serta teman-teman, pasangan, atau piknik bareng keluarga ke Kabupaten Kebumen dalam rangka kampanye Visit Indonesia, Visit Kebumen. Satu lagi sebagai bagian dari kampanye pelestarian lingkungan hidup, jaga kelakuan, jangan merusak, jaga kebersihan, jangan ninggalin sampah cukup ninggalin jejak saja, jaga alam kita tetap sehat untuk keberlangsungan kehidupan kita hingga anak-cucu kita nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *