Sekelumit Pesona Pulau Bintan yang Bikin Kamu Terpesona

Pulau Bintan, dimanakah pulau ini berada? Apakah di sekitar Pulau Jawa atau justru di sekitar Pulau Kalimantan? Jawabannya bukan keduanya. Pulau Bintan masih berada di sekitar Pulau Sumatera, tepatnya di sebelah barat dan termasuk dalam Propinsi Kepulauan Riau.

Seperti diketahui, Kepulauan Riau adalah propinsi yang baru saja terbentuk beberapa tahun lalu. Terdiri atas berbagai pulau, Bintan adalah salah satu pulau yang termasuk dalam wilayah propinsi kepulauan ini. Menurut cerita rakyat setempat, Pulau Bintan awalnya bernama Pulau Putih. Nama Bintan diberikan saat penduduk setempat di zaman dahulu menemukan intan.

Penduduk setempat menyebut Pulau Putih dengan Pulau Berintan yang kemudian berubah menjadi Bentan dan akhirnya menjadi Bintan. Pulau Bintan terletak tidak jauh dari Singapore. Jaraknya dari negara berlambang kepala singa itu hanya sekitar 50 mil ke selatan. Meskipun terletak tidak jauh dar negara yang mennjadi salah satu tujuan liburan wisatawan dari berbagai belahan dunia, Pulau Bintan memiliki sejuta pesona yang menarik untuk dikunjungi.

Hamparan pantai tidak diragukan lagi menjadi salah satu daya tarik pulau ini. Bukan satu atau lima, setiap wisatawan hanya tinggal memiliki pantai mana yang ingin dikunjungi. Laut terbentang di depan begitu kita melangkahkan kaki di pulau ini. Seafood menjadi kuliner khas yang juga selalu memanjakan lidah para wisatawan.

Masih banyak pesona Pulau Bintan yang perlu kamu ketahui karena rugi kalau kamu tidak menyempatkan diri mengunjungi Bumi Rentak Melayu satu ini.

1. Jangan Lupa Mengunjungi Pantai Trikora

Gambar Pantai Trikora via jalankemanagitu.files.wordpress.com

Pantai Trikora terletak di Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang, Pulau Bintan. Penduduk setepat lebih mengenal Pantai indah ini terletak di Tanjung Uban. Pantai ini adalah destinasi wisata Pulau Bintan yang belum lama ini masuk dalam acara My Trip My Adventure besutan Trans TV.

Pantai ini memiliki laut yang cenderung tenang dan tidak terlalu berombak. Sangat menyenangkan menghabiskan waktu di pantai ini sambil bermain air di lautnya yang jernih. Berpasir putih, pantai ini menjadi tempat yang nyaman untuk menghabiskan waktu bersama orang terkasih sambil menunggu datangnya senja bertandakan tenggelamnya matahari di ufuk barat.

Jangan sedih jika anda belum pernah ke Belitung. Pantai Trikora juga memiliki batu-batu granit besar seperti yang terdapat di pantai Pulau Laskar Pelangi. Berada di pesisir timur, kamu bisa menyewa pondok-pondok kecil yang tersedia di pinggir pantai demi menikmati keindahan pantai satu ini.

Bukan hanya kenyamanan, ketenangan, dan keindahan. Pantai Trikora juga menawarkan keriuhan dan keseruan bermain permainan tradisonal yang dinamakan Jong. Permainan ini menggunakan sebuah mainan berbentuk kapal yang dibuat sedemikian rupa sehingga dapat berlayar hanya dengan tiupan angin.

Permainan Jong ini sering dimainkan anak-anak setempat saat sore menjelang. Dihias dengan bendera berwarna-warni, permainan ini menjadi keasyikan tersendiri. Bukan hanya menjalin keakraban, dengan memainkan Jong kamu juga bisa ikut serta melestarikan permainan tradisional.

2. Jika Sempat , Berkunjunglah ke LAGOI

Gambar Salah Satu Pantai di Lagoi: dokumen pribadi penulis

Foto itu diambil di tahun 2012 lalu dan merupakan satu dari sekian banyak pantai yang ada di Lagoi. Daerah wisata Lagoi, terdiri atas beberapa pantai indah yang menjadi salah satu destinasi wisata favorit wisatawan mancanegara. Buktinya, pengunjung dari kawasan Lagoi adalah para bule yang kebanyakan melewati Singapura untuk bisa menikmati indahnya pantai yang ada.

Lagoi dengan pantai dan resort yang ada menawarkan liburan mewah yang akan membuat kamu enggan untuk pulang. Keindahan pantai dan lengkapnya fasilitas yang ada tak lain membuat wisatawan selalu ramai berdatangan ke kawasan wisata yang satu ini. Beberapa pantai juga menawarkan hangatnya matahari tropis yang gemar dijadikan para bule tempat untuk berjemur.

3. Soal Makanan? Jangan Lupa Nikmati Sedapnya Gonggong, Seafood Endemik Khas Pulau Bintan

Gambar Gonggong Rebus via 4g92mivec.files.wordpress.com

Hayoo, saat melihat foto itu, apa yang kamu pikirkan? Foto itu menunjukkan salah satu seafood yang paling enak dan khas Pulau Bintan. Namanya gonggong. Seafood ini termasuk dalam salah satu jenis kerang lho, meskipun bentuknya mirip dengan siput.

Gonggong hanya terdapat di beberapa daerah saja, salah satunya adala Pulau Bintan. Untuk menikmati seafood yang satu ini kamu tidak perlu bingung. Hampir di setiap restoran atau rumah makan yang menyajikan seafood menu gonggong selalu hadir dan siap menemani santap pagi, siang, atau malam kamu.

Gonggong umumnya hanya direbus saja dan untuk menyantapnya akan ditemani dengan sambal yang sangat khas dan lezat. Menikmati gonggong ini paling sedap di malam hari sambil mengobrol dan menghabiskan waktu dengan orang terkasih. Tapi hati-hati kalau makan gonggong, berbahaya karena jika terlalu banyak kamu bisa mabuk. Eits, tapi tenang, untuk mengantisipasi mabuk gonggong, kamu bisa minum jeruk hangat sebagai pendamping sekaligus penawar gonggong yang sedap ini.

4. Bertandang ke Pulau Bintan Tak Akan Lengkap Jika Tak Mengunjungi PULAU PENYENGAT

Foto Pulau Penyengat: Dokumen Pribadi Penulis

Mirip dengan buaya? Ya, itulah Pulau Penyengat. Jika dilihat dari jauh, Pulau yang begitu sakral dan bernilai sejarah ini sekilas mirip dengan buaya. Konon menurut sejarah, Pulau Penyengat adalah hadiah yang diberikan Sultan Mahmud kepada Engku Putri Raja Hamidah.

Masih di Pulau Penyengat, terdapat sebuah masjid yang sangat terkenal, Masjid Penyengat. Berkunjung ke Pulau Penyengat, kamu akan merasakan suasana bertahun silam. Berbagai situs yang masih kokoh berdiri akan membawamu kembali ke masa lampau. Gudang mesiu, peninggalan meriam, bukit kursi, dan masih banyak lokasi lain menjadi saksi bisu bagaimana Pulau ini juga menjadi basis pertahanan dari Belanda di masa lampau.

Bukan hanya itu, Pulau Penyengat juga terkenal dengan terdapatnya sebuah bangunan yang berisikan Gurindam Dua Belas, karya besar Raja Ali Haji. Jika ke Pulau ini, sempatkanlah berkunjung ke sana. Di bangunan yang sama, terdapat pula pelaminan khas Melayu yang dapat digunakan sebagai tempat berfoto.

Banyak orang berkata bahwa menginjakkan kaki di Pulau Penyengat barulah sah seseorang mencapai Tanah Melayu, Pulau Bintan. Untuk ke pulau ini kamu cukup menaiki kapal kecil yang biasa disebut dengan pompong. Tapi ingat, jika berkunjung ke Pulau Penyengat apalagi memasuki berbagai bangunan yang ada, pastikan kamu dalam kondisi bersih dan suci ya…

5. Terakhir, Jangan Lupa Nikmati Malam di Akau Pinggir Pantai

Pulau Bintan memang berbatasan langsung dengan laut. Sebab itulah dibangun semacam warung (kedai) persis di pinggir laut. Tidak jauh dari pelabuhan, terdapat berbagai macam penjual makanan yang sia melayani laparnya perut. Dijamin puas dan kenyang, dan pastinya juga tidak menguras kantong. Rasa makanannya tidak perlu diragukan lagi. Sambil menikmati makanan yang kamu pesan, kamu bisa melihat riaknya air laut di malam hari. Belum cukup? Dipasang juga layar besar yang menampilkan acara televisi untuk dinikmati bersama dengan orang terkasih.

Jadi, sudah tidak sabar kan mengunjungi pulau yang satu ini. Tenang saja, kamu tinggal naik pesawat dan turun di bandara Kijang, Pulau Bintan atau turun di Bandara Hang Nadim Batam dan melanjutkan perjalanan dengan kapal untuk sampai di Pulau sejuta pesona ini. Tunggu apa lagi, segera rencanakan dan buktikan keindahannya. Happy Holiday !!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *