Spot Wisata di Kepulauan Seribu Ini, Harus Kamu Kunjungi Saat Berada di Jakarta!

Apa yang terbesit di pikiranmu ketika mendengar kota Jakarta? Macet, banjir, kotor, polusi, dan beragam masalah lain yang seolah sudah melekat sebagai image kota Jakarta. Bagi kamu yang memang tinggal di Jakarta pasti sudah sering mengalami keadaan-keadaan seperti itu. Tidak heran banyak warga kota Jakarta yang mengalami tingkat kejenuhan dan stress yang tinggi.

Namun, tahukah kamu bahwa Jakarta juga memiliki sisi yang cantik? Ya, sisi cantik itu berada di wilayah Kepulauan Seribu. Sudah beberapa tahun terakhir ini, Kepulauan Seribu menjadi primadona bagi banyak pelancong lokal. Kepulauan Seribu sendiri merupakan salah satu wilayah di provinsi DKI Jakarta yang letaknya di sebelah utara kota Jakarta. Di wilayah ini, tersebar ratusan pulau-pulau, baik yang berpenghuni maupun tidak. Namun meskipun memiliki banyak pulau, hanya ada beberapa pulau yang menjadi favorit tujuan wisata. Nah, inilah pulau-pulau yang menjadi sisi cantik kota Jakarta.

1. Gantungkan Harapan di Pulau Harapan

Pulau Harapan via lostpacker.com

Pulau Harapan adalah salah satu pulau berpenduduk yang menjadi salah satu favorit tujuan wisata. Tidak mengherankan karena terdapat spot-spot menarik yang terdapat di pulau ini. Para wisatawan bisa melakukan kegiatan snorkeling dan diving untuk melihat indahnya biota laut yang masih terjaga. Bukan hanya itu saja, kamu juga dapat mengunjungi pulau-pulau di sekitar yang tak kalah indahnya . Pantai dengan pasir putih, air laut yang jernih, biota laut yang cantik, menjadi pengalaman rekreasi yang sangat menarik untuk dijadikan momen liburan kamu bersama teman-teman.

2. Menyusuri Jembatan Cinta di Pulau Tidung

Pulau Tidung via arindatidung.com 

Indahnya pulau yang satu ini memang tidak pernah bosan untuk dibahas. Pulau Tidung, salah satu pulau dalam gugusan Kepulauan Seribu, terbagi menjadi dua bagian; Tidung Besar dan Tidung Kecil. Dua bagian ini dihubungkan oleh sebuah jembatan besar yang panjangnya kurang lebih 800 meter. Nah, jembatan ini menjadi salah satu daya tarik yang dimiliki oleh Pulau Tidung.

Orang menyebutnya sebagai ‘Jembatan Cinta’. Kamu bisa berjalan-jalan di atas jembatan ini sambil menikmati pemandangan bawah laut yang terdapat di sisi jembatan yang terbuat dari kayu ini. Jembatan Cinta juga menjadi tempat favorit bagi wisatawan untuk melihat matahari terbit dan terbenam.

Bukan hanya itu saja yang ditawarkan Pulau Tidung. Kamu masih bisa menikmati pemandangan laut dengan kegiatan snorkeling. Selain itu juga, kamu bisa bersepeda mengelilingi indahnya pulau yang masih asri ini. Pulau Tidung pantas sekali menjadi referensi kamu untuk memanjakan diri sejenak dari hiruk pikuk kehidupan kota Jakarta.

Akses menuju Pulau Tidung tergolong mudah. Wisatawan berangkat dari Pelabuhan Muara Angke. Hanya butuh waktu 2-3 jam untuk sampai di Pulau Tidung. Kapal berangkat mulai pukul 07.00 pagi, so jangan sampai ketinggalan ya…!

3. Menjelajah Pesona Pulau Pari yang Memanjakan Mata dan Hati

Pulau Pari via jelajahpulaupari.com 

Sisi cantik Jakarta yang lain adalah Pulau Pari. Pesona pulau ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Pantai dengan pasir putih, air laut yang bening, biota laut yang cantik, dan tentu saja pemandangan hutan bakau yang mempesona.

Pulau Pari dikelilingi oleh pulau-pulau lain, yaitu Pulau Kongsi, Pulau Tikus, Pulau Burung Indah, Pulau Gudus, dan Pulau Tengah. Pulau-pulau tersebut menawarkan keindahan yang mengagumkan. Kamu bisa merasakan keindahan pulau ini dengan berjalan kaki di atas pantainya yang bersih, atau dengan snorkeling untuk melihat biota laut cantik yang dimiliki.

Ada dua alternatif cara untuk mencapai ke Pulau Pari. Pertama, dari pelabuhan Muara Angke dengan waktu tempuh kurang lebih dua jam. Atau, bagi kamu yang tinggal atau ingin berangkat dari Tangerang, bisa berangkat dari Pelabuhan Muara Saban Cituis dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam.

Tertarik untuk menjelajahi Pulau Pari? Ajak teman-temanmu! Karena sudah banyak paket wisata yang ditawarkan untuk menikmati keindahan Pulau Pari. Dan biasanya, lebih banyak orang, maka akan lebih murah biaya yang dikeluarkan.

4. Ajak Keluargamu Mengunjungi Pulau Pelangi

Pulau Pelangi via Jakarta.panduanwisata.com 

Tidak kalah cantiknya dengan pulau yang lain, Pulau Pelangi juga memancarkan keindahannya sendiri. Pulau yang terletak sekitar 70 km dari Marina Ancol, memiliki suasana yang asri dan sejuk karena ditumbuhi pepohohan yang rindang. Pulau ini juga memiliki pantai berpasir putih dengan air laut yang jernih, sangat cocok untuk menikmati keindahan pantai dengan duduk-duduk bersama keluarga.

Selain itu, sudah banyak bungalow, cottage yang langsung menghadap ke bibir pantai. Sangat cocok sekali bagi kamu yang ingin mencari penginapan dengan panorama pantai yang cantik.

Pulau Pelangi juga dilengkapi dengan rumah-rumah makan terapung, serta toko-toko yang menjual atau menyewakan alat-alat untuk snorkeling, diving dan memancing. Jadi, tunggu apa lagi? Segera agendakan liburanmu di Pulau Pelangi bersama dengan keluarga atau teman.

5. Menikmati Keindahan Bawah Laut Pulau Sepa

Pulau Sepa via travelwisatapulauseribu.com 

Pulau ini adalah pulau favorit bagi para penggemar kegiatan snorkeling dan diving. Dengan keindahan bawah laut serta ekosistem yang menakjubkan, pulau ini akan membuatmu tidak pernah merasa rugi untuk mengunjungi pulau yang satu ini. Memang aktivitas utama yang bisa dilakukan di pulau ini adalah diving dan snorkeling, namun wisatawan juga bisa mencoba kegiatan memancing di Pulau Sepa yang tak kalah mengasyikan.

Selain itu, Pulau ini juga memiliki nuansa yang asri dan menyegarkan. Jadi, sangat cocok buat kamu yang ingin merasakan liburan dengan atmosfer tropis yang alami. Berasa seperti di Hawai, deh!

Untuk mencapai ke Pulau ini, kamu bisa berangkat dari dermaga Marina Ancol dengan waktu tempuh 90 menit menggunakan speedboat. Tunggu apa lagi? Siapkan dirimu sekarang dan berpetualanglah di bawah laut Pulau Sepa!

6. Ada Terowongan di Pulau Putri!

Pulau Putri via pulauputri.com  

Tidak kalah menarik dengan pulau-pulau yang sudah dijabarkan di atas, Pulau yang satu ini juga memiliki daya tarik sendiri untuk memuaskan dahaga liburan kamu. Selain pemandangan bawah laut yang cantik, pantai yang bersih, pepohonan rindang yang menyejukan, pulau ini juga memiliki fasilitas-fasilitas lain yang membuat kamu tidak pernah menyesal mengeluarkan biaya lebih banyak untuk berkunjung ke Pulau Putri.

Pulau Sepa boleh saja menawarkan fasilitas menarik seperti diving dan snorkeling untuk menikmati keindahan bawah laut, Pulau Putri juga memiliki penawaran fasilitas menarik. Bagi kamu yang takut air, namun ingin menikmati surga bawah laut tanpa diving atau snorkeling, Pulau Sepa menawarkan fasilitas yang disebut dengan ‘Terowongan Bawah Laut (Tunnel Aquarium). Kamu bisa melihat-lihat indahnya biota laut dengan berjalan di sepanjang terowongan ini. Selain itu, terdapat juga mini zoo, kapal bawah air dan juga scuba diving. Menarik, bukan?

7. Pesona Pulau Bidadari yang Tidak Pernah Pudar

Pulau Bidadari via yukpiknik.com

Barangkali pulau ini merupakan pulau yang paling populer dari pulau-pulau lain. Pulau ini sendiri merupakan salah satu resor yang terdapat Kabupaten Kepulauan Seribu. Pemandangan laut biru dengan terpaan angin sepoi-sepoi bisa kamu nikmati sambil duduk-duduk di kursi yang langsung menghadap ke pantai. Kamu juga bisa menjajal wahana water sport, seperti banana boat dan jetsky.

Selain itu, kamu juga bisa mempelajari sejarah karena terdapat beberapa bangunan bersejarah dan prasasti yang terletak di pulau-pulau kecil sekitar pulau Bidadari. Untuk urusan penginapan dan makanan, tidak perlu khawatir lagi. Seperti yang sudah disebutkan di atas, pulau ini adalah salah satu resor di Kepulauan Seribu. Sudah pasti banyak sekali cottage dan restoran di sini.

Perjalanan menuju obyek wisata Pulau Bidadari bisa dilakukan menggunakan speed boat dan hanya memakan waktu kurang lebih 20 menit dari dermaga 17 Pantai Marina Ancol, Jakarta. FYI, Pulau Bidadari sering digunakan sebagai background beberapa calon pasangan pengantin untuk melakukan foto pre-wedding lho!

Nah, itulah beberapa spot menarik dari Jakarta yang dapat kamu kunjungi ketika musim liburan tiba. So, lingkari tanggal di kalendermu sekarang dan persiapkan diri untuk travelling!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *